Sabet juara di STQ XXVI Tingkat Provinsi Papua, Kafilah Mimika masuk 10 besar

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Papua – Kafilah Kabupaten Mimika berhasil masuk 10 besar dalam lomba Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) XXVI Tingkat Provinsi Papua.

Atas capaian 10 besar itu, Ketua LPTQ Kabupaten Mimika, Drs. Dwi Cholifah, M.Si mengaku bersyukur.

“Alhamdulillah, kafilah Mimika dapat berprestasi, untuk Tilawah Anak kita juara 1 atas nama hendra dan akan mewakili Papua di STQ Nasional di Ternate, Maluku Utara nanti,” kata Dwi Cholifah kepada MITRAPOL, Kamis, (10/6/21).

Ia katakan, pelaksanaan STQ merupakan bagian dari syiar Agama Islam serta mempersiapkan diri untuk bertanding di level yang lebih tinggi baik secara nasional maupun internasional dalam mengharumkan nama daerah.

Kafilah Mimika masuk 10 besar kata Dwi, merupakan capaian luar biasa, meski dengan persiapan yang belum terlalu matang namun mampu berprestasi dan mengharumkan nama Kabupaten Mimika.

Dijelaskan, dalam menyongsong pagelaran STQ ini, pihaknya melakukan berbagai upaya dalam membimbing para peserta melalui pelatih-pelatih lokal dan secara khusus mendatangkan Qori ternama saat ini yakni Syamsuri Firdaus yang merupakan juara pertama pada MTQ Internasional ke-7 di Istanbul Turki pada 2019 lalu.

Kehadirannya tentu untuk membimbing peserta Qori dan Qori’ah Kafilah Mimika atau program Training Center peserta Tilawah.

“Nanti setelah mereka (Kafilah Mimika-red) datang kembali akan ada program khusus untuk para juara ini. Akan kita diskusikan dalam rapat pengurus LPTQ,” tutupnya.

Cabang juara yang disabet Kafilah Mimika diantaranya, juara 1 Tilawah Anak, juara 3 Tilawah Dewasa, juara 2 Hifdzil 1juz putra, harapan 2 Hifdzil 5juz putra, juara 3 5juz putri, dan harapan 2 10juz putri.

Untuk diketahui, sebanyak 19 kafilah dengan 123 orang peserta turut meramaikan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) XXVI Provinsi Papua yang dipusatkan di kompleks Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Papua di Kotaraja, Kota Jayapura, pada 5-10 Juni 2021.

Ke-19 kafilah tersebut berasal dari Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Keerom, Jayawijaya, Merauke, Biak, Kepulauan Yapen, Waropen, Nabire, Mappi, Asmat, Sarmi, Yahukimo, Supiori, Mimika, Puncak Jaya, Mamberamo Raya, Tolikara dan Deiyai.

Cabang yang dilombakan pada STQ 2021 kali ini adalah Tilawah Qur’an Golongan Anak dan Golongan Dewasa, Cabang Hifdzil Qur’an 1 juz dan tilawah, 5 juz dan tilawah, 10 juz, 20 juz, 30 juz, seluruhnya untuk putra dan putri.

Dalam pelaksanaanya, Kota Jayapura sebagai tuan rumh mampu menyabet Juara Umum.

Sementara itu, peringkat 10 Besar Kafilah pada STQ XXVI Tingkat Provinsi Papua 2021 diantaranya ;

1. Kota Jayapura
2. Kabupaten Jayapura
3. Kabupaten Nabire
4. Kabupaten Mimika
5. Kabupaten Kerom
6. Kabupaten Waropen
7. Kabupaten Jayawijaya
8. Kabupaten Merauke
9. Kabupaten Asmat dan
10. Kabupaten Biak

 

Pewarta : AQM

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *