Togu Simorangkir dan Dua Rekannya Jalan Kaki dari Toba ke Jakarta Serukan Tutup TPL

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Toba – BaligeTogu Simorangkir, cicit dari Raja Sisingamangaraja XII bersama dua orang rekannya Anita Hutagalung dan Irwandi Sirait mengaku geram akan ulah PT TPL.

Mereka bertiga sepakat melakukan aksi berjalan kaki dari Toba menuju ibu kota Jakarta pada hari ini, yang dimulai dari Makam Raja Sisingamangaraja XII, di Soposurung, Balige, Senin (14/06/2021).

Mereka bertiga menamai aksinya “Ajak Tutup TPL”. Sebelum melakukan aksi keberangkatan menuju jakarta untuk bertemu dengan presiden jokowidodo, para penatua menjalankan ritual pemberangkatan ketiga orang tersebut di depan Makam Raja Sisingamangaraja XII.

Usai melakukan ritual dan doa pemberangkatan, Togu Simorangkir terlihat memohon restu untuk pamit kepada ibu dan istrinya. Satu anaknya Togu Simorangkir, Bumi Simorangkir ikut juga dalam aksi tersebut.

“Kegiatan ini kita namakan Ajak Tutup TPL. Aksi Jalan kaki Tutup TPL dari Toba ke Jakarta,” ungkap Togu Simorangkir saat ditemui dilokasi Makam Sisingamangaraja XII.

“Kita melakukan hal ini sebagai bentuk respon kita atas peristiwa 18 Mei 2021 di Desa Natumingka, kita sudah geram, kita sudah muak dengan perusahaan TPL yang semena-mena terhadap lingkungan,” ujarnya.

Togu Simorangkir, Anita Hutagalung dan Irwandi Sirait sebelumnya telah mempersiapkan diri sekitar sebulan. Aksi mereka tersebut merupakan sebagai peringatan 114 tahun gugurnya Raja Sisingamangaraja yang dikenal sebagai pahlawan nasional untuk melawan penjajah, Belanda.

“Tidak lebih dari sebulan kita sudah persiapkan dan kita sudah putuskan untuk berangkat. Dan ini juga menyambut 114 tahun Raja Sisingamangaraja XII gugur,” ungkap togu penuh semangat.

Diterangkanya, Kita mulai perlawanan dengan TPL dari makamnya. Dan semoga, kalaupun dulu Raja Sisingamangaraja XII 30 tahun melawan penjajah dan sekarang kita sebenarnya melawan penjajah dari bangsa sendiri,”

“Kami mohon doa-doa kawan semua dalam perjalanan ini,” ujar togu simorangkir.

Diperkirakan aksi jalan kaki togu simorangkir dan kedua rekannya tersebut akan memakan waktu 40-50 hari dengan jarak tempuh lebih kurang 1700 km.

 

Pewarta : Abdi.S

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *