Kembangkan Kawasan Industri, Bupati Pesawaran Sampaikan RDTR

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Pesawaran – Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona menyampaikan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) untuk mengembangkan ruang kawasan industri di Kabupaten Pesawaran.

Dendi menyebut RDTR tersebut disampaikan untuk mencari data perumusan isu yang nantinya akan diolah menjadi suatu konsep pengembangan kawasan industri.

“Ini baru berupa konsep awal, masih berupa penjaringan aspirasi dari publik, nanti akan diolah lagi dan finalnya akan dikonsultasi publikan lagi,” kata Dendi, pada kegiatan FGD secara virtual dengan Direktur Bina Perencanaan Tata Ruang Daerah Wilayah 1 Kementerian Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional Reni Windyawati di Hotel Emersia Bandarlampung, Senin (14/6).

Menurutnya, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional nantinya hanya membantu menyusun RDTR saja.

“Kementerian Agraria hanya membantu memfasilitasi terkait teknisnya saja, selanjutnya masyarakat yang akan menentukan seperti apa rencana yang akan dibangun sesuai dengan kebutuhan wilayah masing-masing,” ujarnya.
Dendi menuturkan, penyusunan materi teknis RDTR ini nantinya akan menjadi acuan dalam pengembangan wilayah maupun acuan perizinan pengendalian pemanfaatan ruang kota Kabupaten Pesawaran.

“Karena ini bukan dari pusat jadi nanti kalau sudah jadi akan kami kembalikan dan diteruskan menjadi Perda yang nantinya menjadi acuan dalam pembangunan di Pesawaran,” tuturnya.

Direktur Bina Perencanaan Tata Ruang Daerah Wilayah 1 Kementerian Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional Reni Windyawati berharap seluruh peserta yang terlibat, seperti tokoh masyarakat, akademisi, camat, aktif memberikan masukan terkait dengan konsep pengembangan wilayah yang akan diperdakan tersebut.

“Saya berharap pertemuan hari ini bisa menghasilkan gagasan ataupun ide untuk menata tata ruang Industri Pesawaran lebih indah dan nyaman,” ujarnya.

Kegiatan yang dilaksanakan secara virtual tersebut turut dihadiri oleh Ketua DPRD Pesawaran yang diwakili oleh Bambang Suheri dan Lenida Putri, Kepala Dinas Cipta Karya Provinsi Lampung, Staf Khusus Kebijakan Daerah Kabupaten Pesawaran, Kepala OPD dan Camat terkait di lingkup Pemkab Pesawaran serta tamu undangan lainnya

 

Pewarta : Deni W

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *