Sekjen DPP PJBN hadiri Halal Bihalal Paguron Jalak Banten Nusantara DPD Kota Cilegon

  • Whatsapp
Ketua Harian DPP Paguron Jalak Banten Nusantara, Hj. Ratu Ageng Rekawati. KD

MITRAPOL.com, Cilegon Banten – Pengurus DPD dan DPC PJBN Kota Cilegon mengadakan kegiatan halal bihalal dan pentas seni budaya, di sekretariat DPD PJBN Kota Cilegon di Lingkungan Ketileng Timur Rt 001 Rw 001 No 65 Kelurahan Ketileng Kota Cilegon Banten, Senin (13/6/2021).

Ketua DPD PJBN Kota Cilegon, Syamsudin Yusuf atau biasa di panggil Kang Abhel dalam sambutannya mengatakan bahwa acara yang digelar ini bertujuan untuk memperkenalkan dan melestarikan seni budaya serta mempererat tali silaturahmi seluruh Pengurus DPD dan DPC PJBN yang ada di Kota Cilegon.

“Kita semua berharap, agar dengan adanya acara ini dapat dilihat dan bisa terjalin kerjasama antara pemerintah dan para pencinta seni budaya untuk mengembangkan dan melestarikan Seni budaya khususnya yang ada di Banten.” ungkapnya.

Saya yakin hal itu akan dapat memperkuat tidak hanya kepeduliannya tapi juga lebih luas posisi Indonesia dalam dunia merupakan sesuatu yang sangat penting untuk meningkatkan martabat kita sebagai suatu bangsa. Karena martabat suatu bangsa tergantung bagaimana kita menghargai seni budayanya,” kata kang Abhel.

Dalam kesempatan ini, Ketua DPD PJBN Kota Cilegon, Syamsudin Yusuf juga menyampaikan, bahwa dalam silaturahmi ini lebih di fokuskan untuk membahas tentang program kedepan tentang bagaimana masyarakat khususnya Kota Cilegon bisa memahami dan lebih mencintai seni dan budaya. Maka dari itu dibutuhkan kerjasama dan dukungan dari pemerintah dan seluruh stakeholder yang ada di Kota Cilegon.

”Apalagi kondisi saat ini, banyak masyarakat yang lupa dan mungkin tidak lagi mencintai budayanya sendiri. Hal itu akibat banyak dipengaruhi dengan adanya gadget dan medsos yang hampir setiap hari bersamanya,” tandasnya.

”Ia pun berharap janganlah kita sampai lupa akan seni budaya yang menjadi ciri martabat suatu Bangsa. Manfaatkan digitalisasi untuk lebih kearah yang positif,” ujarnya.

Acara ini dihadiri oleh lima puluh paguron yang dinaungi Keluarga Besar PJBN Kota Cilegon. Selain para pecinta seni dan budaya yang berada di Kota Cilegon, dari berbagai daerah juga turut hadir dalam acara tersebut, diantaranya Pecinta seni dan budaya dari Provinsi Aceh.

Atraksi Debus di pamerkan dalam acara halal bihalal ini, Debus adalah salah satu kesenian bela diri dari Banten, kesenian ini telah menyebar keseluruh wilayah Indonesia dan diantaranya dapat ditemukan di provinsi Aceh. Kesenian ini mempertunjukan kemampuan yang kebal terhadap senjata tajam, air keras, dan lainnya.

Ketua Harian DPP Paguron Jalak Banten Nusantara, Hj. Ratu Ageng Rekawati. KD., menyebutkan,”Kesenian Debus berawal pada masa pemerintahan Maulana Hasanuddin dari Banten pada abad ke-16 (1532-1570). Pada zaman Ageng Tirtayasa dari Banten (1651—1692), Debus menjadi sebuah alat untuk mendorong semangat juang rakyat Banten melawan penjajah Belanda pada masa itu,” terangnya.

Ditambahkan oleh Sekjen DPP PJBN Raden Arya Banda Yudha, menerangkan debus juga sebagai salah satu cara penyebaran agama Islam. Namun ada juga yang menyebutkan Debus berasal dari daerah Timur Tengah bernama Al-Madad yang diperkenalkan ke daerah Banten ini sebagai salah satu cara penyebaran Islam pada waktu itu. Yang lainnya menyebutkan bahwa debus berasal dari tarekat Rifa’iyah Nuruddin al-Raniri yang masuk ke Banten oleh para pengawal Cut Nyak Dien (1848—1908).

“Kini kesenian Debus digiatkan dan dikembangkan di dalam wadah Paguron Jalak Banten Nusantara, Antara Debus dan Silat memang tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya. Silat merupakan cikal bakal Debus dan merupakan salah satu tahapan tertentu dalam aktivitas bersilat. Setiap pemain Debus sudah pasti Pesilat, namun sebaliknya tidak setiap Pesilat adalah pemain Debus,” pungkasnya.

”Mari kita jaga dan lestarikan bersama seni budaya sebagai ciri martabat suatu bangsa, Kita para pecinta seni budaya yang diwadahi Paguron Jalak Banten Nusantara (PJBN), Sekali lagi sangat berharap kerjasamanya dari pemerintah maupun seluruh stakeholder yang ada khususnya di Kota Cilegon,” imbuh ketua DPD PJBN Cilegon.

 

 

Pewarta: Syahril Ramadhan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *