Musrembang RPJMD Provinsi Kaltara Asmin Laura Usulkan 26 Program Prioritas

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Nunukan kaltara – pemerintah provinsi kalimantan utara pada hari Rabu selenggarakan Musyawara Rencana Pembangunan Jangka Menegah Daerah tahun 2021-2026 Secara yang dipimpin langsung Zainal Arifin Paliwang Gubernur didampingi Yansen TP wakil Gubernur kaltara pada hari, Selasa 15/06/2021.

Bupati Nunukan secara seksama mengikuti Musrembang berlangsung dari Ruang Rapat VIP lt. IV Kantor Bupati Nunukan.

Asmin Laura Hafid, Bupati Nunukan didampingi Ketua DPRD Hj. Leppa, Kepala Bappeda Litbang Kabupaten Nunukan, dan semua Kepala OPD di lingkungan Pemerintah kabupaten Nunukan menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan RPJMD 2021-2026 Provinsi Kalimantan Utara yang dilaksanakan secara virtual pada hari, Selasa (15/6/2021)

Bupati Nunukan Hj.Asmin Laura yang baru saja dilantik Minggu lalu langsung Tancab Gas menghadiri Musrembang menyampaikan 26 usulan prioritas tidak saja di usulkan tapi berharap Sejumlah yang di usulkan menjadi prioritas demi untuk kemajuan Nunukan.

Sejumlah usulan tersebut diantaranya adalah:

Pada bidang khususnya pendidikan, kabupaten Nunukan kita masih kekurangan Ratusan Tenaga pendidik atau Guru olehnya itu pemerintah daerah kabupaten Nunukan mengusulkan pengadaan tenaga Pendidik/pengajar guru untuk SMA dan SMK di Kabupaten Nunukan

Pembangunan SMK yang dilengkapi dengan asrama siswa di Kecamatan Lumbis Pansiangan, serta pembangunan SMA yang dilengkapi dengan asrama siswa di Kecamatan Lumbis Hulu.

Di bidang kesehatan diusulkan pengadaan tenaga medis untuk 3 Rumah Sakit Pratama (Kecamatan Sebuku, Kecamatan Sebatik Dan Kecamatan Krayan), tambahan kuota untuk peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) ujar Bupati nunukan

Sedangkan untuk meningkatkan pelayanan listrik di desa – desa dan pelayanan publik di kecamatan, pemerintah Kabupaten Nunukan kali ini mengusulkan pengadaan jaringan listrik untuk Rumah Sakit Pratama di Kecamatan Krayan, Pembangunan jaringan listrik dari Long Bawan Kecamatan Krayan Menuju Kantor Camat Krayan Timur (Desa Long Umung) terdapat 12 Desa, pembangunan Jaringan Listrik Menuju Kantor Camat Sebatik Timur ( Panjang 9 KM ) dan desa Setabu.

Usulan pada Bidang Perhubungan dan transportasi bidang pelayanan transportasi diusulkan yakni Subsidi Ongkos Angkut (SOA) barang dan penumpang untuk 5 Kecamatan Di Krayan, subsidi ongkos angkut (SOA) barang dan penumpang untuk Kecamatan Lumbis Pansiangan dan Lumbis Hulu.

Sektor pertanian, peternakan dan perkebunan juga tak luput dari perhatian pemerintah daerah sehingga turut diusulkan diantaranya pembukaan dan pematangan lahan teknopark pertanian organik di Krayan Selatan, pengadaan bibit ternak sapi Bali 100 ekor di Kecamatan Seimenggaris.

Usulan bidang perkebunanan yakni Pengadaan program peremajaan kelapa sawit rakyat di Kecamatan Sebuku, Kecamatan, kecamatan Tulin Onsoi, Kecamatan Sembakung, Kecamatan Sembakung Atulai Dan Kecamatan Lumbis, pembangunan jalan usaha dan perkebunan untuk tanaman pangan di Kabupaten Nunukan, serta peningkatan Jalan Lingkar Pulau Nunukan.

Di bidang pariwisata, lanjutan pembangunan pariwisata di Bukit Yufai Semaring Kecamatan Krayan menjadi usulan dari Pemerintah kabupaten Nunukan.

Dibidang Kelautan dan perikanan, Pemerintah Kabupaten Nunukan mengusulkan pembangunan lantai jemur di Marine Tecnopark Mansapa dan Mamolo Tanjung harapan Kecamatan Nunukan Selatan, serta pengadaan alat tangkap di Pulau Nunukan dan Pulau Sebatik.

Pada Infrastuktur Pembangunan jalan, diusulkan pembangunan dan peningkatan jalan lingkar di Kecamatan Krayan, pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Jalan Lingkar yang perencanaannya telah dikerjaan oleh Dinas pejerjaan umum (PU Provinsi) tahun 2017, serta peningkatan Jalan (Konektivitas Antar Desa dan Kecamatan) di wilayah Perbatasan itu yang sangat Penting ujar Asmin Laura Bupati Nunukan.

Usulan khususnya Pada bidang telekomunikasi diusulkan pembangunan Minara (tower) untuk desa dan kecamatan yang Blank Spot, utamanya daerah pedalaman serta pengadaan VISAT Internet untuk Kantor Kecamatan Lumbis, Kecamatqn Tulin Onsoi, Kecamatan Lumbis Hulu, Kecamatan Lumbis Pansiangan dan Kecamatan Seimenggaris, serta pengadaan VISAT Internet Untuk Puskesmas Pembeliangan Kecamatan Sebuku.

Selain itu, pengadaan Listrik Tenaga Surya (PLTS) untuk Desa Setabu Kecamatan Sebatik Barat, serta pengadaan alat uji berskala kendaraan bermotor untuk Kecamatan Nunukan juga diusulkan.

 

Pewarta : Yuspal/Hms

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *