Aksi solidaritas, Jurnalis Madina tuntut usut kematian Marsal Harahap

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Medan Sumut – Aksi unjuk rasa seluruh wartawan yang ada di kabupaten Mandailing Natal digelar pada hari Senin 21 Juni 2021 pukul 10.00 wib di kantor DPRD kabupaten Mandailing Natal dan juga di Polres Madina.

Unjuk rasa ini Terkait terbunuhnya seorang wartawan media online yang dilakukan OTK di wilayah kabupaten Simalungun Sumatera Utara.

Dalam aksi ini turut juga wartawan senior Kabupaten Madina Iskandar Hasibuan, Alkaf Masri, Muhammad Ridwan Lubis selaku ketua PWI Madina dan juga Sarmin Harahap penasehat PWI Madina.

Dalam aksi ini terkait kejadian tewasnya seorang wartawan. Pihak kepolisian dirasa perlu memberikan kejelasan secara umum dan terbuka atas meninggalnya seorang wartawan dan juga kekerasan kepada insan pers.

Karena itu, para jurnalis menuntut Kapolda Sumatera Utara Irjen. Pol. R.Z. Panca Putra Simanjuntak mengusut tuntas kasus kematian dan juga kekerasan kepada insan pers sesuai hukum yang berlaku. Jurnalis juga meminta Kapolri memberikan perlindungan terhadap jurnalis yang sedang melakukan tugas jurnalistik.

Para wartawan juga berharap aparat ataupun masyarakat umum harus bisa memahami bahwa tugas jurnalistik itu dilindungi oleh undang-undang.

Koordinator aksi Iskandar Hasibuan menyampaikan dalam orasinya bahwasanya wartawan itu dilindungi oleh undang-undang dan wartawan juga bukan sebagai pekerjaan melainkan profesi. Wartawan bukan mafia atau pelaku kriminal yang harus didiskriminasi bahkan dibenci oleh masyarakat ataupun penegak hukum.

Sementara itu sikap ketua PWI Madina atas terbunuhnya wartawan Marsal Harahap menegaskan “apabila jurnalis dihalang-halangi melaksanakan tugas jurnalistik atau mengalami permasalahan terkait tugas jurnalistiknya, seyogyanya organisasi jurnalis yang bersangkutan melakukan pembelaan secara profesional dan proporsional”.

Pembunuhan Pemimpin Redaksi LasserNewsToday, Marsal Harahap di Karang Anyer Simalungun Sumatera Utara, jelas perbuatan biadab. Patut diduga, pembunuhan yang menimpa Almarhum terkait tugas kewartawanannya.

 

 

Pewarta : HR

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *