FKWN Desak Kapolri usut tuntas kasus penembakan Marsal Harahap

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Nunukan Kaltara – Fadli Kusuman Ketua Forum Komunikasi Wartawan Nunukan (FKWN) Kabupaten Nunukan provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) mendesak kepada Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) untuk secepatnya mengungkap kasus Kematian/ pembunuhan Marsal Harahap salah satu Wartawan di Simalungun Sumatera Utara, yang terjadi pada 18 Juni 2021 yang lalu.

Fadli Kusuma juga meminta Kapolri Republik Indonesia dan Polda Sumut serta kapolres Simalungun Sumatera Utara mengungkap motif dan menangkap Premanisme sebagai pelaku pembunuhan Saudara Kami Marsal Harahap.

“Kami meminta pihak Kepolisian untuk mengungkap kasus kekerasan terhadap jurnalis yang terjadi di Sumatera Utara dan Ketidakpastian hukum dalam kasus kekerasan terhadap jurnalis menjadi preseden buruk yang merugikan dunia pers,” ujar Fadli

“Kondisi ini juga diduga menjadi penyebab semakin tingginya jumlah dan kualitas kekerasan terhadap jurnalis di Indonesia,” lanjut Fadli Kusuma.

Kepolisian Republik Indonesia (Polri) harus memberikan jaminan perlindungan dan keamanan terhadap wartawan ketika menjalankan tugas jurnalistik sebagaimana diamanahkan undang-undang (UU), dalam hal ini UU Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.

Fadli meminta Polri untuk bersikap dan bertindak transparan dalam menangani perkara pembunuhan Marsal Harahap ini dan menyiarkan secara resmi ke publik, tentang penyebab kematian Marsal Harahap, untuk menghindari simpang siurnya informasi.

Karena informasi yang valid merupakan hak publik serta Menjelaskan ke publik terkait luka tembak yang di alami Marsal Harahap.

informasi yang berkembang bahwa Ada berapa luka tembak yang mengenai bagian tubuh Marsal Harahap dan ada berapa kali tembakan yang dilakukan Oleh Premanisme yang tak bertanggung jawab.

Fadli berharap semua elemen masyarakat mendukung kebebasan pers dan menggunakan mekanisme yang diatur oleh Undang-Undang Pers dalam penyelesaian sengketa pers.

Fadli Kusuma sangat prihatin dan Meminta seluruh jurnalis untuk mengedepankan profesionalisme dan mengutamakan keselamatan dalam menjalankan kerya jurnalistik.

 

 

Pewarta : Yuspal

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *