Ritual Tahunan, Bersama Warganya Peratin Pekon Rigis Jaya Gelar Sedekah Bumi

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Lampung Barat – Meski masih dalam suasana masa Pandemi Covid -19, Pemerintahan Pekon (Desa) Rigis Jaya Kecamatan Air Hitam Kabupaten Lampung Barat bersama warga dan Jajarannya, tetap menggelar kegiatan sedekah bumi dan menyantuni anak yatim-piatu. Terpusat di halaman kampung Kopi Rigis Jaya Pada Minggu, (27/06/2021).

Berbeda dengan tahun sebelumnya, Tahun ini kegiatan sedekah bumi hanya digelar sederhana, dengan tetap mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) sesuai dengan anjuran Pemerintah.

Sugeng selaku Peratin (Kepala Desa) Pekon Rigis Jaya mengatakan, kegiatan sedekah bumi tahun ini tetap digelar namun hanya sederhana, Kegiatan syukuran kali ini dipusatkan di kampung kopi Rigis jaya, dengan hanya melibatkan warga sekitar dan beberapa tokoh.

Lanjutnya, budaya atau tradisi sedekah bumi tersebut telah dilaksanakan sejak dulu, sebagai bentuk rasa syukur atas apa yang telah diberikan oleh Allah, SWT, untuk kehidupan umat manusia diatas muka bumi ini.

“Tetap kita gelar mas, Namun sederhana Warga juga dibatasi. Karena Sedekah bumi ini merupakan simbol penghormatan dan bentuk terimakasih kepada alam atas karunia yang telah telah Allah berikan,” ungkap Sugeng Kepada Mitrapol.

Pada kesempatan itu pula, Camat Air Hitam Andy Cahyadi, S.H.,MH., yang di Wakilkan oleh Kasi Kesra M. Irfan dalam sambutannya mengatakan, Kegiatan sedekah bumi tetap digelar Namun untuk tahun ini, setiap warga yang datang wajib menggunakan masker dan tetap mengikuti Protokol kesehatan.

” Sedekah bumi adalah tradisi turun-temurun yang sudah dilaksanakan oleh warga Rigis Jaya. Karena sedekah bumi ini merupakan bentuk rasa syukur terhadap tuhan yang maha Esa atas semua karunianya yang di berikan kepada warga. dan sedekah bumi adalah simbol penghormatan dan penghargaan masyarakat kepada alam sebagai karunia yang besar,”Ujarnya.

Turut hadir, Camat Air Hitam Andy cahyadi, S.H.,M.H., yang di Wakilkan oleh Kasi Kesra M. Irfan, Babinsa, Babinkamtibmas, Ketua LHP berserta anggota, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat dan Masyarakat Setempat.

 

Pewarta : Deni Andestia

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *