Jadi Penguji di Bappenas, Abdul Hayat Apresiasi Inovasi Rosfiah Arsal

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Makassar, Pemprov Sulsel – Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel, Abdul Hayat, menjadi salah satu penguju pada seminar akhir uji kompetensi fungsional perencana ahli utama di Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), yang dilakukan secara virtual zoom meeting, di Baruga Lounge Kantor Gubernur Sulsel, Rabu 30 Juni 2021.

Dalam kesempatan itu, Abdul Hayat mendengarkan paparan yang disampaikan Rosfiah Arsal, selaku peserta uji kompetensi fungsional perencana ahli utama di Bappenas.

“Alhamdulillah sudah dilakukan dengan baik, dan rasa terima kasih juga kepada pihak Bappenas yang telah memfasilitasi ujian ini. Saya mengucapkan terimakasih setinggi-tingginya,” ucap Abdul Hayat selaku penguji.

Dimana, kata Abdul Hayat, peserta ini mengangkat bagaimana inovasi untuk pengembangan sutra di Sulsel, dan pihaknya memberi akses.

“Mudah-mudahan ahli utama bisa memberikan sumbangsih untuk mendorong visi misi dari Bapak Gubernur, yakni inovatif, produktif, kompetitif, inklusif, dan berkarakter,” harapnya.

Ia mengungkapkan, di era pandemi yang tidak menentu ini, ada dua hal yang perlu didorong di Sulsel, yakni ekspor dan investasi. Bagaimana mempercepat investasi supaya tenaga kerja bisa berinteraksi, memastikan ekspor ini keluar, dan salah satunya adalah sutra.

“Dan strategi seperti apa yang dijalankan oleh Ibu (Rosfiah) secara konkrit di berbagai daerah, sehingga bisa berefek kepada masyarakat langsung,” ujarnya.

Kemudian, kedua, jika nanti akan menjadi perencana ahli utama, kontribusi apa saja yang bisa langsung dirasakan di dalam pengambilan keputusan untuk segera dieksekusi di era pandemi ini.

“Karena kita ingin dapurnya di situ, eksekusi di situ, karena kita ingin semua program berbasis riset. Tidak mencoba-coba, tetapi ini akan menjadi efektif dan efisiensi di suatu kegiatan yang tidak menjadi daftar keinginan, akan tetapi menjadi sebuah kebutuhan masyarakat,” ungkapnya.

“Karena begitu ada kajian, saya ingin tampil perencana, peneliti, dan ahli utama untuk tampil kedepan. Sebelum gubernur ngomong permasalahan, harusnya anda nanti yang berbicara terlebih dahulu. Sehingga tidak salah mengambil langkah-langkah strategis. Dan ini belum maksimal,” terangnya.

Ia berharap, agar Rosfiah selaku fungsi ahli utama jika perlu tampil di DPRD untuk meyakinkan semua bahwa itu sudah dilakukan dengan kajian empiris, meyakinkan seluruh stakeholder yang ada, sehingga tidak ada alasan untuk tidak disepakati.

Sementara, Rosfiah Arsal selaku peserta mengaku akan meningkatkan kualitas sutra, supaya sutra ini bisa bersaing dengan negara lain. Kemudian mengenai investasi, harus ada kerjasama dari berbagai pihak.

“Untuk kontribusi sendiri, adalah memperbaiki dari sektor hulu supaya hal-hal yang dikoordinasi akan lebih baik lagi. Dan jika diminta untuk mempresentasikan di depan DPRD, Insya Allah saya akan tampil didepan untuk mempresentasikan hasil tersebut nantinya,” ucap Rosfiah.

Hadir dalam pengujian kompetensi ini, Drs Abdul Jamal (Penguji I), Dr. Nunuk Dwi Retnandari (Penguji II), Dr.Ir. Dida Heryadi Salya (Pembimbing), Pandu Pradhana, ST (Moderator)

 

Pewarta : Ali Ghugunk

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *