Sarpras Sekolah Hancur, diduga Kepsek SDN 3 Raman Aji Lamtim gerogoti dana Bos

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Lampung Timur – Sangat miris melihat keadaan sarana dan prasarana ( Sarpras ) di sekolah SDN 3 Raman Aji Kabupaten Lampung Timur, Betapa tidak faktanya sebagian gedung kelas rusak dan cat tembok sebagian mengelupas.

Padahal pemerintah telah mengucurkan dana mencapai puluhan juta rupiah melalui anggaran dana Bos setiap bulannya. Hal ini menimbulkan kecurigaan tim awak media untuk menelusuri, kemana anggaran dana bos untuk pemeliharaan sarana dan prasarana ( sarpras ) selama ini disekolah tersebut.

Pantauan tim media, pada hari Jum’at tanggal 2 Juli 2021, mengunjungi sekolah SDN 3 Raman Aji Lampung Timur, terlihat memprihatinkan dan seperti tidak ada perawatan. Mulai dari tembok pagar cat terlihat kusam, plapon kelas dan plapon gedung jebol,lantai pecah dan toilet hancur hampir roboh.

Pada tahun 2020, dari data online bahwa SDN 3 Raman Aji Lampung Timur, telah menerima anggaran dana Bos ( Bantuan Operasional Sekolah ) berjumlah Rp.65.700.000. Dana tersebut terbagi dalam beberapa item, dan salah satunya ada anggaran untuk perbaikan sarpras ( Sarana dan Prasarana Sekolah ). Tercatat, jumlah 73 murid dan 8 tenaga pendidik. Selain itu, pihak sekolah juga telah menganggarkan dana guna perbaikan sarpras di Triwulan ke 3 senilai Rp.4.600.000. Artinya patut dipertanyakan, kepada pihak sekolah kemana dana tersebut di salurkan.

Mengingat dalam masa libur sekolah, kemudian tim media menemui Korwil ( Koordinator Wilayah ) Dinas Pendidikan Lampung Timur. Saat ditemui, Drs Lestary selaku pihak pengawas SDN 3 Raman Aji ,mengakui telah menegur pihak sekolah untuk memperbaiki gedung tersebut.

” Memang benar ada sebagian gedung rusak ringan di sekolah SDN 3 Raman Aji Raman Utara Lamtim. Saya juga sudah menegur secara lisan kepala sekolah. Namun, nyatanya sampai sekarang masih seperti itu. Padahal , dana Bos ada tidak harus menunggu pengajuan rehab total “, ungkap Pengawas Lestary.

Lestary juga menambahkan, bahwa kerusakan gedung sekolah sejak lama. Semenjak kepemimpinan Kepala Sekolah terdahulu.

Drs.Lestary selaku pengawas Korwil dinas Pendidikan Lampung Timur, saat ditemui awak media, Jumat ( 02/07/2021).

” Kepala sekolah sekarang pak Suwito, dan baru menjabat selama satu tahun ini. Kerusakan ringan di sekolah, sebetulnya sudah sejak lama. Jika kepala sekolah sebelumnya adalah,pak Maskur sudah pensiun “, tutur Lestary.

Atas persoalan itu, ada kemungkinan sebagian sekolah di wilayah kecamatan Raman Utara Lampung Timur, banyak yang hancur tidak terawat. Diduga pihak sekolah SDN 3 Raman Aji Kecamatan Raman Utara Lampung Timur, telah menggrogoti anggaran dana BOS.

Kedepan, tim media akan meminta komentar salah LSM dan menemui pihak Dinas Pendidikan Lampung Timur, guna meminta tanggapan atas banyaknya kerusakan sekolah – sekolah di Kecamatan Raman Utara.

 

TIM

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *