Kawasan Pariwisata Geopark Belitung akan di bangun

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Jakarta  –  Kabupaten Belitung khususnya wilayah Kecamatan Sijuk untuk kedepannya akan banyak pembangunan. Pemerintah Kabupaten Belitung, saat ini sedang menyusun Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) yang berbasis dengan pengembangan Geopark di kawasan Pariwisata.

Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos. menyampaikan perihal ini usai menghadiri dan membuka Forum Group Discussion (FGD) I dan II Penyusunan Materi Teknis RDTR (Rencana Detail Tata Ruang) di Kawasan Pariwisata Geopark Belitung.

Adapun tujuan dari penyusunan RDTR ini adalah untuk pemanfaatan kawasan dalam rangka mengembangkan untuk berbagai macam kegiatan, salah satunya yang berkaitan dengan kepariwisataan, dan diperkirakan akan selesai pada Oktober 2021 mendatang.

Dengan RDTR ini bisa ditetapkan dan difokuskan untuk daerah itu akan dibangun apa saja, dalam pembangunan nya akan dibagi menjadi beberapa kawasan, seperti kawasan perkebunan, kelautan dan perikanan serta perlindungan bagi perhutanan sosial.

Dalam kesempatan ini, Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos. juga menyebutkan, bahwa nanti diwilayah Kecamatan Sijuk juga akan dilakukan pengembangan pelabuhan kelautan dan perikanan, yang berada disekitar
eks pelabuhan pasir dusun munsang desa sungai padang.”ungkapnya.

“RDTR ini juga mengadopsi dari Rencana Tata Ruang Wilayah, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, termasuk juga apa yang sudah dibangun oleh Menko Maritim dengan master plan nya.

Jika RDTR tersebut sudah selesai, maka lahan-lahan pinggir pantai disekitar kawasan Sijuk yang saat ini terlihat masih belum di bangun, seperti lahan yang ada disekitar Siantu Sijuk itu, diharapkan nanti bisa dikelola oleh pemiliknya, ujar Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos.

 

 

Pewarta : Syahril Ramadhan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *