Kelola Dana BOS 268,5 juta, Diduga Kepsek SDN 1 Sidodadi Pekalongan Lamtim, lalai merawat sarpras

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Lampung Timur – Fakta terjadinya kerusakan sarana dan prasarana sekolah di SD Negeri 1 Sidodadi Pekalongan Lampung Timur, menambah dugaan terjadinya korupsi yang dilakukan oleh oknum Kepala Sekolah.

Fakta ini terjadi di SDN 1 Sidodadi Pekalongan Lampung Timur, terlihat kondisi sarana dan prasarana ( Sarpras ) sebagian plapon depab kelas mulai rusak dan plapon gedung luar kelas jebol. Selain itu, pagar depan kusam telah lama tanpa perawatan.

Pedahal, melalui anggaran dana BOS ( Bantuan Operasional Sekolah ), pemerintah telah mengucurkan dana mencapai puluhan juta rupiah. Itupun, tergantung dari jumlah siswa/murid disetiap sekolah masing – masing.

Pantauan tim media, disekolah hanya ditemui Arif selaku penjaga sekolah. Sedangkan, sang Kepsek SD Negeri 1 Sidodadi Lamtim, Khomsiatun tidak ada. Mengingat dalam suasana libur sekolah.

Arif mengatakan, jika perawatan di SDN 1 Sidodadi Pekalongan Lampung Timur, belum pernah dilakukan sejak awal pembangunan.

” Saya mulai kerja sebagai penjaga sekolah pada tahun 2012, dan plapon yang rusak ini sejak baru belum pernah diperbaiki “, kata Arif pada awak media, Selasa ( 06/07/2021).

Ditambahkan Arif, jika gaji yang diterima setiap bulannya kurang memadai. Selain itu, ada juga beberapa tenaga honor lainnya yang bekerja sebagai guru dan menerima upah sama.

” Tenaga honor ada 9 orang disini. Surat tugas honor saya hanya dapat SPT dari dinas, gaji saya perbulan hanya 750 ribu, dan sama dengan guru honor lainnya. Sebenarnya berat tugas saya, sebagai penjaga, kebersihan dan keamanan di sekolah ini, kalau bisa disesuaikan ya pak”, jelas Arif.

Terkait minimnya upah yang diterima oleh sejumlah tenaga honor di SD Negeri 1 Sidodadi Pekalongan Lampung Timur, pastilah sangat memprihatinkan. Tercatat anggaran dana BOS yang diterima oleh pihak SDN 1 Sidodadi Pekalongan Lampung Timur, mencapai ratusan juta rupiah. Pada tahun 2020, jumlah murid 297,menerima anggaran dana BOS senilai Rp. 268.560.000. Terbagi dalam tiga tahap. Triwulan I Rp. 80.730.000, Triwulan II Rp.107.640.000, dan Triwulan III Rp. 80.190.000.

Mengenai anggaran pembayaran bagi tenaga honor pihak sekolah juga telah mengucurkan dana senilai Rp. 63.000.000. Selanjutnya, atas permasalahan itu kedepan tim media akan menemui, Khomsiatun selaku Kepsek SDN 1 Sidodadi Pekalongan Lamtim, serta pihak Korwil Dinas Pendidikan setempat, guna meminta penjelasan atas penggunaan anggaran – anggaran tersebut.

 

TIM

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *