Semangat latih kerja, 62 Pemuda Kamoro Nawaripi daftar di BLK Nawaripi

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Timika – Sebanyak 62 pemuda pribumi Kamoro mulai mendaftar di Balai Latihan Kerja (BLK) milik Pemerintahan Kampung/Desa Nawaripi, Kabupaten Mimika, Papua.

62 orang tersebut nantinya akan disebar dan dididik pada 7 jurusan BLK yang dikelola oleh
Badan usaha milik desa (BUMDES) Nawaripi.

Tujuh jurusan itu diantaranya ; pengelasan, kelistrikan, mesin (otomotif), mengemudi (driver), pertanian, perikanan, dan meubel.

“Nanti mereka (peserta-red) akan dibina sesuai kemampuan pada tujuh jurusan itu,” kata Norbertus Ditubun dalam keterangan pers, Selasa (6/7).

Kepala Kampung Nawaripi, Norbertus Ditubun

Ia menambahkan, target untuk jumlah pendaftar khusus pemuda asli daerah Mimika pada tahap pertama sebanyak 100 orang.

Berkaca pada jumlah pendaftar yang baru dibuka, animonya sangat tinggi, dimana sudah mencapai 62 orang pendaftar.

“Sebelumnya sebanyak 15 pemuda Nawaripi sudah mengikuti teori pengelasan dan praktek di SMK Amamapare, Kampung Mware, Distrik Mimika Timur. Rata-rata mereka memiliki skill dan perlu diperhatikan. Kita akan bimbing terus,” ujarnya.

Menurutnya, para pemuda pribumi di wilayah pesisir Mimika itu selama ini belum mendapat support atau dorongan dari pemangku kepentingan di Mimika maupun pihak perusahaan Tambang terbesar di Mimika yakni PT. Freeport Indonesia.

“Belum ada perhatian untuk masyarakat pemuda dan pemudi Kamoro ini. Kita berharap melalui BLK ini mereka bisa berkarya dan hidup mandiri ,” tutupnya.

 

Pewarta : AQM

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *