Pemkab Toba bersama IAS toba Adakan Pelatihan Menajemen Bank Sampah

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Toba – Pemerintah kabupaten toba melalui dinas Lingkungan hidup bekerjasama dengan IAS Toba mengadakan pelatihan Menejemen Bank Sampah untuk tiga kecamatan yaitu, kecamatan Balige, kecamatan Porsea dan kecamatan Tampahan, dimana peserta kegiatan tersebut merupakan peserta PKH (Program Keluarga Harapan) Bertempat di gedung daur ulang sampah plastik yang beralamat di Jl. Somba Debata No. 7, Balige, Rabu (07/07/2021).

“Hari ini sebanyak 50 peserta yang terdiri dari sepuluh desa mengikuti pelatihan menejemen bank sampah, dimana bank sampah unit merupakan perpanjangan tangan kita ditiap desa agar mereka mampu mengelola sampah dari desa masing-masing” sebut ulion Hutajulu Direktur Bank Sampah IAS Toba.

Pada hari ini merupakan pelatihan digelombang ketiga dan kita mengutamakan di kecamatan balige agar kecamatan balige dan kelurahannya dapat terintegrasi semuanya,” tambahnya.

Target dari bank sampah induk sendiri kita berharap disemua desa yang ada di kecamatan Balige terutama dan harapan kedepannya diseluruh kecamatan yang ada di Toba dan bukan hanya itu saja kita masih mengupayakan untuk pengolahan sampah di organiknya itu sendiri untuk saat ini bank sampah IAS Toba mampu menampung sampah non organik yaitu kaca, kertas, logam dan juga plastik.

“Jadi dengan jenis sampah tersebut ada rentetan masing-masing, contohnya sampah plastik ada 12 jenis yang dipilah. Harapannya dengan pelatihan ini pengurus yang ada di desa masing-masing mampu memilah sampahnya berdasarkan jenisnya.” terang ulion.
Ulion mengharapkan, dengan program tersebut akan membawa mamfaat ekonomi, dalam arti sampah yang dijual ke bank sampah itu ditukar dengan nilai rupiah dan kita harapkan nilai tersebut dapat menopang perekonomian keluarga walaupun nilainya masih sedikit. Jadi kalau kita sama-sama, kita dapat dari kebersihan lingkungannya dan dari ekonominya juga kita dapat,” sebut Ulion Hutajulu.

Rusti Hutapea Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Toba mengatakan program tersebut sudah di louncing pada bulan maret 2020 yang lalu, pertama di kecamatan Tampahan kedua di Balige jadi SDM yang berperan disini adalah Program Keluarga Harapan (PKH) dan sudah berlangsung di sepuluh desa dari tiga kecamatan Tampahan, Balige dan Porsea. kegiatan ini melibatkan seluruh peserta PKH.

Mintar Manurung Kadis Lingkungan Hidup menyebutkan, bahwa kegiatan pelatihan bank sampah ini sangatlah bermanfaat bagi masyarakat, disamping menjaga kebersihan lingkungan masyarakat juga mendapat nilai ekonominya dari sampah menjadi nilai rupiah.

Hal senada juga disampaikan Pantun pardede selaku camat balige, Dalam pelatihan bank sampah ini nantinya diharapkan akan menimbulkan kesadaran masyarakat untuk mengolah sampahnya dan mengambil keuntungan atau mamfaat dari pengelolahan sampah itu sendiri.” ujar Pantun Camat Balige.

 

Pewarta : Abdi.S

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *