TNI AU dan Kombata laksanakan serbuan Vaksinasi di Bandara Soekarno Hatta

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Jakarta –  TNI Angkatan Udara bekerja sama dengan Komunitas Bandara Internasional Soekarno Hatta (Kombata) melaksanakan kegiatan serbuan vaksinasi selama dua hari mulai tanggal 9 Juli sampai dengan 10 Juli 2021, di Terminal kedatangan 1 A Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Tangerang, Jumat (9/7/2021).

Panglima Komando Operasi TNI Angkatan Udara (Pangkoopsau) I Marsda TNI Ir. Tedi Rizalihadi S., M.M., mengatakan, serbuan vaksinasi ini merupakan bentuk implementasi perintah Presiden RI Ir. Joko Widodo terkait program vaksinasi nasional serta target nasional dalam rangka percepatan vaksinasi menuju satu juta vaksin sehari.

Hal ini juga sejalan dengan perintah dari Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., kepada TNI Angkatan Udara untuk melaksanakan vaksinasi di bandara-bandara.

“Bandara adalah pintu gerbang masuk maupun keluar penumpang. Juga sesuai surat edaran nomor 14 tahun 2021 tentang Ketentuan perjalanan orang dalam negeri dalam masa pandemi Covid-19, yang mengatur ketentuan bahwa penumpang yang akan berpergian menggunakan pesawat udara wajib memiliki sertifikat vaksinasi Covid-19 tahap pertama,” ujar Pangkoopsau I.

Ditempat yang sama Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah, S.Sos., menjelaskan, kegiatan vaksinasi ini TNI AU melibatkan 10 tim vaksinator dengan jumlah total 50 tenaga kesehatan yang gabungan diantaranya RSAU Esnawan Antariksa, Lakespra dr. Saryanto,  Lakesgilut, Kohanudnas, Koopsau I, Lanud Atang Sendjaja, dan Tim Kesehatan Angkasa Pura I.

Direncanakan sebanyak 2500 orang setiap harinya, sehingga total sebanyak 5000 orang yang mengikuti kegiatan vaksinasi selama dua hari ini, kegiatan vaksinasi ini ditujukan kepada Stakeholder Bandara seperti pegawai Airlines, ground handling, penumpang, calon penumpang, serta warga masyarakat yang ada di seputaran wilayah Cengkareng. Vaksinasi tidak hanya selenggarakan untuk orang dewasa, namun juga diselenggarakan untuk usia 12 sampai 17 tahun.

“Kegiatan serbuan vaksinasi yang dilaksanakan TNI AU dilaksanakan tidak hanya oleh instansi TNI AU namun juga dilaksanakan di seluruh jajaran TNI dan Polri,” ungkap Kadispenau.

Lebih lanjut Kadispenau menyampaikan, TNI AU juga melaksanakan kegiatan vaksinasi dibeberapa tempat, saat ini kegiatan serbuan vaksinasi di wisma Aldiron, masih berlangsung dengan target 10.000 orang, kemudian kegiatan serbuan vaksinasi TNI AU juga dilaksanakan mulai minggu depan, di Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor.

“Serbuan vaksinasi ini terus kita laksnakan berdasarkan penilaian dimana tempat-tempat yang krusial, seperti Bandara adalah tempat yang potensi penyebaran virus Covid-19 sehingga kita laksanakan untuk meningkatkan herd immunity para Stakeholder Bandara,” ucap Kadispenau.

Selanjutnya kegiatan vaksinasi juga dilaksanakan di seluruh Rumah Sakit TNI AU. “Jadi semua RS milik TNI AU melayani vaksinasi yang ditujukan kepada masyarakat setempat,” jelas Kadispenau.

Hadir pada kegiatan tersebut, Aspotdirga Kasau, Kaskoopsau I, Danlanud Halim Perdanakusuma, Kadiskesau, para pejabat Makoopsau I, Danwing I Paskhas, dan Dirut Angkasa Pura II Bandara Soekarno-Hatta, Komisaris Angkasa Pura II, Dirut Operasi Angkasa Pura II, Kepala Otoritas Bandara Wilayah I, Dandim 05/06 Tangerang, Kabagops Polresta Soekarno Hatta, dan Kepala KKP Soekarno Hatta.

 

Pewarta : DR/Dispenau

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *