Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus Pokdarkamtibmas Bhayangkara Daerah NTB, Ketum ucapkan terima kasih

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, NTB – Wakapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) Brigjen. Pol Drs. Ruslan Aspan mengukuhkan Jajaran Pengurus Pokdaramtibmas Bhayangkara Daerah Daerah Nusa Tenggara Barat, Jum’at (9/7/2021) bertempat di Tribun Lapangan Bhara Daksa Polda NTB.

Kegiatan dihadiri Sekda Provinsi NTB, Wakapolda NTB, PJU Polda NTB, Kasi Ops Korem 162/WB, serta Ketua Pokdar Kamtibmas Daerah NTB beserta pengurus.

Dalam sambutannya Wakapolda NTB Brigjen. Pol Drs. Ruslan Aspan menyampaikan bahwa Pokdar Kamtibmas ini sebagai bentuk pengamanan swakarsa yang berdiri atas kesadaran masyarakat akan adanya rasa aman dan tertib di lingkungannya masing masing.

“Saya sangat berterimakasih kepada pengurus dan anggota Pokdar Kamtibmas atas keikhlasan dan dedikasi dalam membantu tugas Polri selama ini. Semoga dengan adanya pengukuhan ini, dapat mencapai visi, misi, beserta tujuan dari organisasi ini,” ujarnya.

Sementara, Ketua Umum Pokdaramtibmas Bhayangkara Nasional, Heru Riyadi SH.,MH, dalam sambutanya yang disampaikan secara virtual menyampaikan ucapaan terima kasih dan puji syukurnya kepada Allah atas pelaksanaan kegiatan pengukuhan Pengurus Pokdarkamtibmas Bhayangkara Daerah NTB.

“Atas karunia-Nya, pagi ini kita dapat bertemu dalam kondisi sehat walaupun via Daring /Virtual. Pada kesempatan yang berbahagia ini saya ucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bapak. Kapolda NTB beserta jajaran dan panitia penyelenggara yang telah mewujudkan acara Pelantikan sekaligus Pengukuhan Pengurus Pokdarkamtibmas Bhayangkara Daerah NTB sebagai wujud Pembinaan kepada organisasi kami. Pada kesempatan ini tak lupa kami Keluarga Besar PokDar Kamtibmas Bhayangkara Nasional mengucapkan Dirgahayu Polri ke 75, semoga Polri tetap berada dekat di hati Masyarakat, “Kamtibmas Kondusif, masyarakat semakin Produktif” ujarnya.

Lanjutnya, Bahwa pada hakekat nya organisasi ini adalah Mitra Polri dan Pemerintah pada umumnya, ujung tombak fungsi pre-emptif kepolisian di masyarakat, sedangkan Polri sebagai organ Negara /Pemerintah keduanya harus bersatu padu /bersama-sama membina masyarakat yang Baldatun Toyyibatun Wa Rabbun Ghafur, negri yang selaras antara kebaikan alam dan kebaikan perilaku penduduknya, negri yang penduduk nya subur dan makmur, namun tidak lupa untuk bersyukur.”

Organisasi ini bertujuan meningkatkan kesadaran, kepatuhan hukum di masyarakat, membangun & menumbuhkan daya cegah tangkal terhadap segala bentuk gangguan Kamtibmas dilingkungan masing-masing.
PokDar Kamtibmas Bhayangkara sebagai pengemban fungsi Kepolisian terbatas harus berperan aktif untuk menciptakan Kamtibmas yang kondusif di wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Menyadari tugas dan fungsi tersebut, adalah berdasarkan :
1. Undang-Undang No. 2 Tahun 2002 Tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.
2. Surat Keputusan Kapolri No. : SKEP/831/XI/2005 Tentang Pedoman Pembentukan dan Pembinaan Kelompok Sadar Kamtibmas.
3. Peraturan Kepolisian Negara Republik Indosesia No. 4 Tahun 2020 Tentang Pengamanan Swakarsa, ada pada BAB-I Pasal 3 Ayat 1-5.

Kami berharap keberadaan organisasi Pokdar Kamtibmas Bhayangkara ini dapat bersinergi membantu dalam menanggulangi segala bentuk gangguan Kamtibmas di wilayah hukum PolDa NTB, jelasnya.

Masih kata Ketum Pokdarkamtibmas Bhayangakara Nasional, Saya selaku Ketua Umum menitipkan kepada Bpk. Kapolda, untuk dapat membina pengurus dan anggota kami dari tingkat Daerah , Kabupaten /Kota, Kecamatan hingga ke Kelurahan /Desa agar dapat bermanfaat dalam turut berpartisipasi aktif membantu Pemerintah Daerah dalam memelihara Kamtibmas serta menciptakan lingkungan yang aman, nyaman dan tentram. Seperti yang kita ketahui bahwa jumlah anggota Polri yang ada saat ini masih belum dapat mencapai jumlah yang ideal, sehingga diperlukan partisipasi dan peran aktif dari masyarakat.

Target kami untuk Pengurus Daerah NTB ini adalah menyiapkan 10 Anggota Pokdarkamtibmas Bhayangkara sebagai pendamping bagi petugas Bhabinkamtibmas dan Babinsa yang ada disetiap Desa /Kelurahan. Saya yakin jumlah tersebut akan tercapai dan bertambah seiring dengan perjalanan waktu. Adapun anggota Pokdarkamtibmas Bhayangkara ini berasal dari berbagai Lapisan Masyarakat, mulai dari Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, para Akademisi, Praktisi hukum, Pengurus lingkungan yaitu RT/RW yang peduli akan Kamtibmas di wilayah nya masing-masing.

Dan kepada Pengurus Daerah PokdarKamtibmas Bhayangkara Daerah NTB yang baru saja dilantik, saya ucapkan selamat bekerja, laksanakan apa yang menjadi komitmen dan tanggung jawab kita semua sesuai amanat AD/ART organisasi, dan jaga nama baik institusi Polri sebagai wujud pengabdian kita kepada negara. Kibarkan bendera pataka ini diseluruh wilayah hukum Polda NTB, perkuat koordinasi dengan seluruh jajaran pembina baik ditingkat Daerah /Provinsi sampai dengan 3 Pilar Kamtibmas yang ada di Desa /Kelurahan yaitu Bhabinkamtibmas, Babinsa & Perangkat Desa /Kelurahan.

Kerjasama sinergitas antar 3 pilar dan peran serta masyarakat ini sudah terbukti dapat menghasilkan dan mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif.

Tularkan kepada masyarakat akan pentingnya kepedulian dan kesadaran akan “Harkamtibmas” yaitu Memelihara Keamanan dan Ketertiban Masyarakat. Kita harus peka terhadap potensi gangguan Kamtibmas yang ada di sekitar kita.

Selalu siap ikut serta membantu mensukseskan program Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah didalam menanggulangi /pencegahan peredaran Narkoba yang membahayakan masa depan kehidupan anak bangsa, wujudkan program “Desa Bersinar” yaitu Desa Bersih dari Narkoba, harus turut berperan aktif sebagai Pelopor Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan Covid-19. Mendukung Satgas Opspus Aman Nusa II Polri melalui sosialisasi PPKM Darurat Jawa dan Bali, Transformasi Polri yang Presisi mendukung percepatan penangganan Covid-19.

Akhir kata, jadikanlah kegiatan kita di organisasi ini sebagai salah satu ladang ibadah bagi kita semua, Aamiin.

Seperti biasanya, dalam setiap sambutannya, Heru menutup dengan membacakan pantun,

Paduka Bertuah Pejuang Negeri
Gelar Adat Yang Sudah Diberi
Pokdarkamtibmas Wadah Menjalin Silaturahmi
Agar Damai Tentram Di Hati

Ke Pasar Beras Bawa Kerupuk
Jangan Lupa Membeli Tawas
Pokdarkamtibmas Bhayangkara Sudah Dibentuk
Segera Bekerja Dengan Ikhlas

Kalau Anda Pergi Ke Sawah
Mohon Mampir Ke Ladang Saya
Kalau Ada Ucapan Saya Yang Salah
Mohon Kiranya Maafkan Saya

Pungkas Ketua Umum Pokdarkamtibmas Bhayangkara menutup sambutannya.

 

 

Red

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *