Diduga Ketua Korwil tutup mata, Kepsek SDN 2 Taman Fajar Lamtim abaikan Perawatan Sarpras

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Lampung Timur – Minimnya pengawasan pihak Korwil (Koordinator Wilayah) Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Timur, hingga menyebabkan sebagian sarana dan prasarana bangunan sekolah – sekolah mulai rusak dan bobrok.

Rusaknya sebagian gedung sekolah mulai dari kerusakan ringan hingga kerusakan berat. Salah satunya di SDN 2 Taman Fajar Kecamatan Purbolinggo Kabupaten Lampung Timur. Kerusakan ringan yakni plapon ruang kantor jebol, cat tembok pagar dan dinding ruang kelas kusam serta sebagian atap asbes sebagian pecah dan lepas. Padahal di setiap bulannya anggaran dana Bos telah dianggarkan untuk perawatan sarana dan prasarana sekolah. Diduga Ketua Korwil dinas Pendidikan Kecamatan Purbolinggo Lampung Timur, lalai dan tutup mata dalam permasalahan ini.

Saat ditemui oleh awak media, Chairiwati Nuroh selaku Kepala Sekolah SDN 2 Taman Fajar Kecamatan Purbolinggo, Lampung Timur, tidak berada ditempat karena sedang sakit. Namun, hanya ditemui Sri Lestari dari salah satu dewan guru sekolah setempat, ia mengatakan bahwa selama ini sekolah sudah mengajukan dan sedang menunggu perawatan.

” Ibu Chairiwati Nuroh menjabat disini sebagai kepala sekolah sudah satu tahun. Jumlah muridnya ada sekitar 143 siswa. Sekolah ini belum pernah rehab, tapi kata bu Wati sudah diajukan, tapi cuma dua ruangan ini karena sempit ,” kata Sri Lestari, kepada awak media, Selasa ( 13/07/2021) pagi.

Pada kesempatan itu, Sri Lestari juga menjelaskan upah yang diterimanya serta jumlah tenaga pendidik di SDN 2 Taman Fajar, Purbolinggo Lampung Timur.

” Saya masih honor sudah lama pak, gaji saya hanya 450 ribu.Kalau guru PNS disini ada 6 orang dan guru honor ada 4 orang ,” jelas Sri Lestari.

Sesuai pelaporan data online, bahwa SDN 2 Taman Fajar Kecamatan Purbolinggo Lampung Timur, memiliki jumlah siswa 138 murid. Pada tahun 2020 telah menerima anggaran dana Bos sebesar Rp. 118.890.000 dicairkan dalam tiga tahap setiap pertiga bulan. Pencairan Triwulan I Rp. 35.100.000, Triwulan II Rp.46.800.000, Triwulan III Rp.36.990.000.

Adapun perincian anggaran guna perawatan sarana dan prasana sekolah, tercatat telah dikeluarkan pada Triwulan I Rp.2.261.000, Triwulan II Rp.780.500, dan Triwulan III Rp. 12.264.000. Sedangkan, perincian anggaran guna pembayaran guru honor, juga telah dikeluarkan. Pada Triwulan I Rp. 4.050.000, Triwulan II Rp. 8.100.000, dan Triwulan III Rp. 4.050.000.

Atas temuan yang ada, kedepan tim media akan menemui pihak Ketua ( Korwil ) Koordinator dinas Pendidikan Kecamatan Purbolinggo. Hal ini, guna meminta penjelasan banyaknya temuan kerusakan – kerusakan sekolah di Kecamatan Purbolinggo Lampung Timur.

 

Pewarta : MM

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *