Ruang Isolasi Covid RSUD Porsea Terus Padat, Bupati Toba butuh anggaran

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Toba – Meningkatnya kasus Covid-19 di Toba membuat pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Porsea mengeluhkan ketersediaan ruang isolasi, pasalnya ruang isolasi yang diperuntukan untuk pasien terpapar positip covid 19 terus padat.

Terkait hal ini, Bupati Toba menyampaikan bahwa pihaknya membutuhkan anggaran untuk pembangunan ruang isolasi tersebut.

“Iya baru saja kita tambah di RSUD Porsea antara 5 sampai 8 ruangan. Sebab untuk pembangunan tersebut kita butuh anggaran,” ujar Bupati Toba Poltak Sitorus pada Selasa (13/07/2021).

Disebutkanya juga, hingga saat ini pihaknya menganjurkan untuk isolasi mandiri bagi warga yang pengidap Covid-19 dengan gejala ringan. Ia juga berharap kerja sama antara masyarakat dan pemerintah guna menanggulangi paparan Covid-19 di Kabupaten Toba.

“Seperti yang kita laksanakan saat ini adalah isolasi mandiri di desa masing-masing kerja sama dengan aparat desa untuk membantu mereka supaya mereka tidak keluar-keluar. Kita suplai semua kebutuhan mereka,” terang bupati.

“Prinsipnya kerja sama. Semua ambil bagian dan kerja sama menyelesaikan persoalan” sebut bupati.

Bupati juga menyinggung ketersediaan tabung oksigen yang menjadi kebutuhan medis dalam penanggulangan Covid-19. Hingga saat ketersediaan tabung gas oksigen dirumah sakit masih mencukupi.

Walaupun demikian, ia menganjurkan agar masyarakat taat pada protokol kesehatan (prokes), khususnya penggunaan masker.

“Dengan keadaan sekarang sih masih aman. Sekali lagi, kerjasamalah kita. Ini sebenarnya mudah, mudah sih. Pakai masker aja semua dan ikuti prokes” sebut bupati.

bupati toba yakin bahwa bila masyarakat setia menggunakan masker dan mengikuti prokes paparan virus tersebut akan semakin terkendali.

“Pakai masker aja semua dalam situasi apapun, di rumah pun pakai masker. Kalau sudah tertutup hidung sama mulut dari mana lagi jalannya,” ungkapnya.

Bupati juga mengeluhkan, masyarakat di Toba di nilai kurang mengindahkan prokes dan menggunakan masker. Hanya sesederhana itu, cuman masyarakat enggak mau nurut. Jadi masalahnya di situ. Karena ini masalah nyawa.

“Maka saya minta kepada masyarakat Toba mari kerja sama. Mari lawan, mari berperang bersama-sama. Kita tidak susah melawannya, hanya gunakan masker. Lakukan prokes sebut bupati poltak sitorus.

 

Pewarta : Abdi.S

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *