Tidak berdayakan warga lokal, Kades Taman Negeri Way Bungur Lamtim diduga memperkaya diri sendiri

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Lampung Timur – Fungsi sang Kepala Desa dalam memberdayakan masyarakat dan kelembagaan desa adalah sebagai fasilitator untuk menyediakan segala kebutuhan yang ada di desa, dalam rangka meningkatkan kualitas masyarakat secara kelembagaan maupun masyarakat secara umum dan memberikan kesejahteraan diwilayahnya.

Namun, fakta berbeda yang terjadi di Desa Taman Negeri Way Bungur Lampung Timur. Diduga,Sigit sang Kepala Desa Taman Negeri Kecamatan Purbolinggo Lampung Timur, tidak mempekerjakan /memperdayakan warganya di dalam pekerjaan kegiatan pembuatan drainase dan kegiatan PKTD galian.

Pantauan awak media, pada tahun 2021, Desa Taman Negeri Way Bungur Lampung Timur, telah menganggarkan dana ratusan juta guna pembangunan diwilayahnya. Pertama kegiatan Pembuatan Drainase senilai Rp.505.644.000 dan kedua kegiatan PKTD Galian senilai Rp. 30.890.000 yang berlokasi didusun 4,5 dan 6.

Nandang ( 55), salah satu pekerja mengakui, bahwa dirinya bukanlah warga Desa Taman Negeri Way Bungur Lamtim. Namun, ia bekerja atas permintaan sang Kades.

“Panjang pembuatan drainase ini, kanan dan kiri hampir 800 meter dan gorong – gorong tanggungan masing – masing warga yang punya rumah, kecuali gorong – gorong jalan. Rombongan kami bekerja ada 16 orang, dan saya dipercaya kawan – kawan. Saya asli orang Tegal Ombo, disana sudah beres. Makanya saya kerja disini, Kepala Desanya Pak Sigit ,” kata Nandang kepada awak media, Selasa ( 13/07/2021).

Ditambahkan Nandang, bahwa dalam bekerja ada tambahan extra dari upah pokok yang diberikan oleh sang Kades.

“Sistem upah kami hari borong, contohnya kami ini ditarget. Katanya tanggal 21 ini ada monitoring. Kami kerja harian pak, yang jelas kami ini nguber waktu hari borong. Contoh, kalau kami pulang jam 5 lebih dari jam 4, ada uang rokoknya. Kadang – kadang rokok dan lainnya. Tergantung dari habis adukan semen. Jadi itu, hanya kebijakan dia. Kami enggak nuntut kerja, yang jelas selama ini kami punya kita sendiri,” imbuhnya.

Melihat hasil dari kegiatan pembuatan drainase, dan PKDT galian bahwa Sigit sang Kepala Desa Taman Negeri Way Bungur, Lampung Timur, diduga telah memperkaya diri secara pribadi. Terbukti tidak memanfaatkan warga sekitar demi keuntungan pribadi.

 

Pewarta : MM

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *