Dengan anggaran 350 Juta, Panitia Pamsimas Raman Fajar Lamtim diduga cari untung besar

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Lampung Timur – Program PAMSIMAS (Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat), merupakan program pemerintah pusat, guna membantu penyediaan air minum dan sanitasi dengan konsep berbasis kebutuhan masyarakat bagi kabupaten dan kota di seluruh Indonesia, yang kesulitan dalam pemenuhan akses air dan sanitasi. Terutama di wilayah perdesaan dan pinggiran kota.

Namun apa yang terjadi di Desa Raman Fajar Lampung Timur, dalam prosesnya ada saja oknum panitia pembangunan mencuri keuntungan. Ada dugaan bahwa bangunan pamsimas tersebut tidak sesuai RAB/menggunakan besi tidak cesh( banci ). Terlihat dari bangunan tiang cor penyangga retak dan anyaman besi cor yang belum dipasang tidak sama.

Perlu diketahui, bahwa nilai anggaran dalam pendanaan pembangunan proyek Pamsimas III tahun 2021, di Desa Raman Fajar Kecamatan Raman Utara Kabupaten Lampung Timur, menelan anggaran sebesar Rp. 350.000.000 dengan rincian sebagai – berikut.

Sumber Dana :

1. BLM Rp. 245.000.000.
2. Swadaya Masyarakat
– In – Cash ( Uang tunai ) Rp. 14.000.000.
– In – Kind ( HOK / Material ) Rp. 56.000.000.
3. APBDes Rp. 35.000.000.

Pantauan tim media dilokasi, saat menemui pekerja/tukang mengakui, jika besi yang terpasang tidak sama. Serta terkesan menutup – nutupi siapa pengawas dalam pembangunan Pamsimas tersebut.

“Kalau pengawas bangunan pamsimas ini kami tidak tau rumahnya pak,saya bukan orang sini. Dia datang kalau material habis saja,kalau tidak salah rumahnya dekat lapangan voly. Kami kerja hanya berdua, yang lain tidak masuk. Kalau besi ya beginilah,silahkan bapak lihat sendiri. Tiang ini retak belum kita perbaiki saja, pak,” ujar tukang, Jum’at (02/07/2021).

Ia juga mengatakan, bahwa pembuatan lubang sumur bor telah lebih dahulu dikerjakan.

“Sumur bor ini yang mengerjakan, kalau tidak salah orang dari Metro. Dan Ini, lebih dulu jadi dari pada bangunan ini. Gimana kami cari air, kalau sumur tidak ada,” tambahnya.

Kedepan, tim media akan menemui Kepala Desa Raman Fajar Kecamatan Raman Utara Lampung Timur, guna mengetahui tentang spesifikasi maupun panitia pengelola dalam pembangunan Pamsimas tersebut.

 

 

TIM

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *