Kadisdik resmi lepas 100 Guru Sulsel mengajar di Daerah 3T secara Virtual

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Makassar Sulsel – Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Prof Dr Muhammad Jufri, MSi, MPsi, Psikolog membuka kegiatan pembekalan Sulsel Mengajar bagi 100 Guru Daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (3 T) secara virtual, Rabu (14/7 2021).

Prof Jufri memberi apresiasi dan penghargaan kepada panitia yang telah berupaya melakukan seleksi secara ketat hingga pelaksanaan pembekalan ini. ia juga mengucapkan selamat dan sukses kepada 100 orang guru yang berhasil masuk seleksi sebagai tenaga pendidikan pada program Sulsel Mengajar.

Program ini, kata Prof Jufri, dinamakan Sulsel Mengajar, dimana terdapat 100 guru innovator. Guru hasil seleksi yang ketat ini diharapkan bisa melahirkan siswa cerdas berkarakter. “Jadilah guru yang ditunggu kedatangan dan ditangisi kepergiannya,” ujar Prof Jufri.

Prof Jufri yang pernah mengenyam pendidikan di daerah terpencil ini membagi pengalaman, baik sebagai siswa maupun sebagai guru. Ia memberi spirit bagaimana menjadi guru innovator. Jadilah guru MSI, guru Balsem.

Guru MSI, kata Prof Jufri adalah guru yang Menguasai Semua Ilmu. Sementara guru Balsem, yaitu guru mampu mengobati semua penyakit. Jadi Guru innovator itu adalah guru yang diharapkan mampu menangani permasalahan yang ada di sekolah.

Menurut mantan Dekan Fakultas Psikologi UNM ini, tidak ada siswa yang bodoh, namun mereka belum menemukan guru yang tepat. Jadilah guru innovator, guru yang tepat bagi siswa-siswanya.

Tugas guru Sulsel Mengajar ini, diakui Prof Jufri memiliki beban berat sekaligus menjadi harapan masyarakat untuk mengatasi kekurangan guru di daerah remote area (3T).

Usai memberikan pengarahan, Prof Jufri sekaligus memberikan pernyataan melepas 100 guru Sulsel Mengajar ke tempat tugasnya masing-masing.

Kepala Bidang Pembinaan GTK dan Fasilitasi, H Sabri, SPd.MPd mengatakan, 100 guru Sulsel Mengajar merupaka hasil seleksi yang ketat dari 1.006 pendaftar dari berbagai disiplin ilmu dan dari berbagai daerah di Sulsel dan luar Sulsel.

Dalam melaksanakan tugasnya, kata Sabri, guru Sulsel Mengajar harus menyampaikan laporan tiap bulan dan dikawal oleh Kepala Sekolah, Pengawas dan Cabang Dinas. Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan pembelakan ini, Sekretaris Disdik Sulsel H Hery Sumiharto, SE.M.Ed, Kepala Bidang SMA, Asqar, SE.MM, Kepala Bidang SMK, Dra Hj Andi Ernawati, MPd, Kabid GTK dan Fasilitasi.

 

 

Pewarta : Ali Ghugunk

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *