Permenkumham No 24 Tahun 2021, WBP Asimilasi dirumah, wujud pedulinya pemerintah mengatasi wabah Covid-19

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Brebes – Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Brebes mengasimilasi Rumahkan sebanyak 5 orang dan Mengintegrasikan 2 orang Warga Binaan Lapas Brebes, Kamis (15/07/2021).

Dasar pemberian Asimilasi Rumah tersebut mengacu pada Perubahan Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 24 tahun 2021 Tentang Syarat Dan Tata Cara Pemberian Asimilasi, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, dan Cuti Bersyarat Bagi Narapidana dan Anak Dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran Covid-19.

Kepala Lapas Brebes, Isnawan, A. Md. IP., S.H., M.H menjelaskan bahwa kegiatan Asimilasi dirumah tersebut dilakukan menurut Permenkumham nomor 24 tahun 2021 tentang Asimilasi di Rumah menggantikan Permenkumham sebelumnya.

“Kegiatan Asimilasi di rumah ini merupakan perubahan dari Peraturan sebelumnya yaitu pada Permenkumham nomor 32 tahun 2020,” tutur Kalapas Brebes.

Mudah-mudahan kedepannya Kegiatan Asimilasi akan berjalan dengan lancar, dan mampu meminimalisir resiko Covid – 19. Sebanyak 5 orang WBP tersebut nantinya akan mendapatkan monitoring dan pengawasan dari Balai Pemasyarakatan (Bapas) Pekalongan.

“Kelima warga binaan yang hari ini mendapatkan Asimilasi Rumah nantinya akan di monitoring oleh pihak Balai Pemasyarakatan (Bapas) Pekalongan.” Ujar Agung Kasie Binadik.

Isnawan juga berpesan kepada kelima warga binaan yang memdapatkan asimilasi dirumahkan agar Nanti kalau sudah berada di masyarakat Berperilaku baik dan tidak melanggar Hukum lagi serta menjalakan protokol kesehatan sesuai anjuran dari pemerintah.

“Kami harap kepada WBP yang mendapatkan Program Asimilasi Dirumah setelah kalian keluar dari Lapas ini selalu taati protokol kesehatan Covid-19, saya harap kalian dapat menjaga diri jangan sampai tertular dan menularkan covid-19, dan jangan sekali-kali mengulangi melakukan tindak pidana lagi, jadikan ini semua sebagai pelajaran hidup yang terakhir dan buktikan kepada keluarga, masyarakat kalau kalian sudah berubah menjadi lebih baik lagi.” Tegas Isnawan

Salah satu WBP Lapas Brebes Wendi menyampaikan, rasa syukurnya karena hari ini mendapatkan program Asimilasi Rumah “Saya mengucapkan terima kasih karena pada hari ini saya mendapatkan program asimilasi rumah dan tidak dipungut biaya apapun alias GRATIS..Tis..Tis.”Dengan ekspresi gembira.

“Kita semua berharap yang terbaik, mudah-mudahan kegiatan Asimilasi hari ini dan kedepannya berjalan lancar, sehingga mampu meminimalisir resiko penularan Covid – 19 di Lapas Brebes ini,” tutup Isnawan.

 

Pewarta : Maeel/ Agus

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *