Sidang di tempat bagi pelanggar prokes yang terjaring operasi yustisi di jalur pantura brebes

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Brebes – Tim Gabungan yang terdiri dari Kodim 0713, Polres Brebes, Satpol-PP, Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri, serta Dinkes Kabupaten Brebes melaksanakan Operasi Yustisi Penegakan Prokes di jalur Pantura Pasar Bulakamba Kabupaten Brebes, Kamis (15/07/2021).

Operasi Yustisi penegakan Prokes kali ini menyisir masyarakat pengguna jalan dan para pedagang pasar Bulakamba yang tidak mentaati Protokol Kesehatan (Prokes) salah satu pelanggaran yang di lakukan oleh masyarakat pengguna jalan dan pedagang pasar Bulakamba yaitu lalai tidak memakai masker.

Karena pelanggaran ini termasuk tindak pidana ringan (tipiring). maka selanjutnya di lakukan sidang ditempat oleh pihak Pengadilan Negeri Brebes terhadap pelanggar Prokes.

Besaran denda yang dibayarkan oleh masyarakat yang terjaring operasi ini sebesar 52.000 (lima puluh dua ribu rupiah). Uang denda tersebut selanjutnya akan di setorkan ke kas Negara sebagai penerimaan pemerintah bukan pajak.

Disampaikan Serma Casmudi, salah satu petugas dari Subdenpom IV/1-4 Brebes, Operasi ini masih sama yaitu masyarakat yang tidak memakai masker.

“Fokus razia kali ini masih sama, yaitu mereka yang tidak memakai masker,” tegasnya.

Casmudi juga mengatakan pelaksanan operasi yustisi ini sebagai efek jera kepada pelanggar agar selalu mentaati Prokes dan bisa mengedukasi kepada keluarga dan masyarakat di sekitarnya.

Dijelaskan juga oleh Casmudi Penilangan seperti ini juga akan terus dilakukan sampai batas waktu pemberlakuan PPKM Darurat, 20 Juli 2021 mendatang. Ini tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 Tahun 2021.

Sebelum pelaksanaan Operasi Yustisi penegakan prokes Perda PPKM Darurat.Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Brebes melakukan patroli keliling mengedukasi dan himbauan kepada masyarakat untuk selalu mentaati peraturan Pemerintah tentang Protokol kesehatan (Prokes) yaitu dengan melakukan 5M dan 3T, guna mencegah penyebaran Virus Covid-19 melalui pengeras suara.

 

Pewarta : Maeel/Aan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *