Banjir Melanda Wilayah Sulut, Kapolres Bolmong di Bantu Warga Evakuasi Material Longsor

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Bolmong – Hujan lebat dengan durasi lama mengakibatkan banjir dan tanah longsor di wilayah Provinsi Sulawesi Utara, Jumat (16/7/2021) Khusus di Manado, banjir merendam permukiman warga di beberapa kecamatan.

Diantaranya permukiman warga di Kelurahan Malendeng, Kecamatan Paal Dua, dan Kelurahan Winangun I, Kecamatan Malalayang. Terlihat di video yang beredar di media sosial, banjir setinggi setengah tembok pagar rumah di Kelurahan Malendeng.

Di lokasi lain, air meluber hingga ke jalan, Rumah-rumah warga yang memiliki area rendah harus merelakan air marengsek masuk ke rumah. Cuaca ekstrem ini juga membuat Jalan Trans Sulawesi tertutup longsor, tepatnya terjadi di ruas jalan Senduk-Tanahwangko, Kabupaten Minahasa.

Kapolres Bolmong AKBP Irone Nova Surentu mengatakan,”Pihaknya bersama masyarakat terus bekerja keras dalam proses evakuasi di lokasi tanah longsor yang menutupi ruas jalan Trans Sulawesi di Desa Komangaan, Kecamatan Pasi, Kabupten Bolmong,” ucap Kapolres Bolmong

 

“Lanjut Kapolres Bolmong, hal itu dilakukan agar ruas jalan Trans Sulawesi di Desa komangaan itu bisa diakses oleh masyarakat pengguna jalan meskipun dalam status darurat.

“Hingga kini kami bersama masyarakat, pemerintah serta Dinas PU dan instansi terkait masih terus bekerja keras mengevakuasi tanah longsor yang menutupi Jalan Trans Sulawesi Desa komangaan, adapun kondisi terkini telah berangsur membaik, jalan sudah bisa diakses meskipun masih dalam status darurat,” ungkap Kapolres Bolmong dalam keterangan resminya, Sabtu /17/07/21

Selanjutnya, agar arus lalu lintas di lokasi longsor berjalan normal, pihaknya menerapkan sistem buka tutup jalur dengan pengawalan dan penjagaan aparat kepolisian dan warga seputaran Desa komangaan

Disisi Lain Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Minahasa Nofry Lontaan mengatakan, longsor yang terjadi memang masuk wilayah Minahasa. “BPBD Minahasa sudah mengerahkan alat berat untuk membuka akses jalan.

Tapi alat berat lebih dulu akan menangani longsor di ruas jalan Tanahwangko-Tomohon, setelah itu diarahkan ke situ,” katanya

Untuk menangani longsor di Jalan Trans Sulawesi, BPBD Provinsi Sulut akan membantu. “Kita sudah koordinasi, dari BPBD Sulut juga sudah mengerahkan alat berat,” ujarnya.

 

Pewarta : Chandra

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *