PD Muhammadiyah Mimika salurkan kurban 9 ekor Sapi dan 2 ekor Kambing

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Timika – Qurban atau menyembelih hewan merupakan salah satu ibadah yang identik dilakukan saat Hari Raya Idul Adha. Melaksanakan qurban di Hari Raya Idul Adha sendiri hukumnya sunnah muakkad (mendekati wajib).

Berdasarkan kesepakatan para ulama, ada tiga golongan orang yang berhak menerima qurban. Yang pertama yaitu Shohibul qurban atau orang yang berkurban serta anggota keluarganya.

Penerima kedua yakni para kerabat, teman dan tetangga sekitar. Dan yang ketiga diberi kepada para fakir dan miskin.

Di hari raya Idul Adha 1442 hijriyah ini, Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyyah Kabupaten Mimika, Provinsi Papua diberi kepercayaan untuk menyalurkan qurban daging hewan sebanyak 9 ekor Sapi dan 2 ekor Kambing oleh Shohibul qurban.

Qurban itu disalurkan kepada kurang lebih 600an orang melalui kupon yang sudah disebarkan.

Wakil Ketua PD Muhammadiyah Mimika, Najih Sya Roni, S.Pd.I

Najih Sya Roni S.Pd.I selaku wakil ketua PD Muhammadiyah Mimika kepada MITRAPOL mengatakan, dari 9 ekor Sapi yang sudah ditetapkan. 7ekor Sapi ditambah 2ekor Kambing disembelih dan dibagikan lebih dulu. Selanjutnya 2 ekor Sapi lainnya akan disembelih dan dibagikan pada esok harinya yakni Rabu, (21/7).

“Tujuh ekor sapi dan dua ekor kambing kita sembelih hari ini untuk dibagikan kepada 600an kupon yang dibagikan,” kata Najih di Masjid An Nur Muhammadiyah Timika.

Sementara, 2 ekor Sapi lainya akan disembelih dan disedekahkan kepada para pendidik atau guru yang terdampak ekonomi melorot ditengah pandemi COVID-19.

Menurutnya, setiap tahunya pelaksanaan pemotongan hewan kurban di Masjid An Nur Muhammadiyah Timika tak kurang dari 7 ekor Sapi.

“Di tahun ini alhamdulillah, ada 9 ekor Sapi ditambah 2 ekor kambing. Tentu ini bentuk kepercayaan kepada kami (Pd-muhammadiyyah Timika) untuk menyalurkan amanah,” tandasnya.

 

Pewarta : AQM

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *