Rayakan Idul Adha, Masjid Nurul Huda Tejoagung Metro Timur potong hewan Qurban 9 Sapi dan 9 Kambing

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Metro Lampung – Hari Raya Idul Adha 2021 jatuh pada Selasa (20/7/2021). Bagi umat Muslim, Hari Raya Iduladha sudah dinantikan kehadirannya. Pengurus Masjid Nurul Huda Tejoagung Metro Timur, menyembelih hewan kurban sebanyak 9 ekor sapi dan 9 ekor kambing pada hari raya Idul Adha 1442 H. Pelaksanaan pemotongan hewan Qurban tersebut di laksanakan di pelataran masjid Nurul Huda Tejoagung Metro Timur, Selasa ( 20/07/2021).

Pelaksanaan kegiatan penyembelihan kurban sesuai protokol kesehatan, dengan wajib memakai masker dan handsanitizer, setiap pengambil daging qurban juga wajib pakai masker dan jaga jarak. Daging kurban tersebut akan dibagikan kepada para pequrban dan masyarakat sekitar masjid.

Ustad Taufik Nazar mengatakan, Ibadah kurban memiliki manfaat dan hikmat diantaranya, sebagai bentuk ketaatan kepada perintah Allah SWT, kemudian sebagai sikap meneladani pengorbanan keluarga Nabi Ibrahim AS.

Selain itu, Menyembelih hewan kurban hukumnya adalah sunah muakkad, yaitu sunah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Namun, apabila belum mampu untuk membeli hewan ternak, jangan sampai memaksakan diri.

Sementara itu, Hi.Sutarman selaku Ketua Masjid Nurul Huda Tejoagung Metro Timur, memberikan apresiasi kepada seluruh panitia kurban yang sudah mentaati protokol kesehatan selama pemotongan hewan Qurban.

” Alhamdullah, kita sudah melaksanakan pemotongan hewan Qurban. Ada sekitar 9 sapi dan 9 ekor kambing. Semua panitia juga telah diwajibkan memakai masker dan tetap menjaga jarak (social distancing), begitu juga para pengambil daging Qurban. Pengambilan daging kurban melalui kupon yang sudah dibagikan oleh panitia,” jelas Hi. Sutarman.

Lebih lanjut, Hi.Sutarman mengatakan bahwa hakikat berkurban pada Iduladha sesungguhnya ialah untuk membantu sesama yang memerlukan, bukan hanya menyembelih hewan ternak.

“Yang menjadi esensi dari semangat kurban sebenarnya bukan sekadar berkurban menyembelih kambing atau sapi, melainkan untuk membantu sesama bagi saudara – saudara kita yang sangat membutuhkan,” kata Hi. Sutarman.

Semangat berkurban, menurut Hi.Sutarman juga tidak hanya dilakukan pada saat Iduladha, tetapi bisa dilakukan setiap saat. Khususnya pada masa pandemi COVID-19 saat ini, berkurban dan berbagi sangat dianjurkan untuk meringankan beban sesama masyarakat.

“Berkurban untuk membantu sesama dalam suasana pandemi COVID-19 juga harus dilandasi dengan keikhlasan tanpa mengharapkan imbalan apa pun, kecuali mengharapkan ridho dari Allah SWT,” tutup Hi. Sutarman.

 

 

Pewarta : MM

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *