KKN Melayu Serumpun Se-Sumatera, IAIN Metro kirimkan Tujuh Mahasiswa

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Metro Lampung – KKN Melayu Serumpun Se-Sumatera merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTKIN) Se-SUMATERA. Sebagai peserta PTKIN Se-Sumatera serta dari negara Singapura, Malaysia dan Brunai Darusalam. Pada tahun 2021, kegiatan diselenggarakan sejak tanggal 26 Juli 2021 hingga 30 Agustus 2021 dan dipusatkan di Kabupaten Padang Pariaman Sumatera Barat, dengan UIN Imam Bonjol Padang Sumatra Barat.

Adapun tujuan KKN untuk menjalin kerjasama antara perguruan tinggi dan berbasiskan keilmuan yang dikembangkan di masyarakat. Sekaligus proses pembelajaran di luar kelas yang tidak hanya menjadikan kampus sebagai sentral bersimbolkan gedung mewah dididik para ahli, magister, master, doktor dan profesor. Ilmu tidak hanya sebatas konsep teoritis tapi perlu aplikasi langsung di tengah masyarakat. Mahasiswa yang menempuh kegiatan KKN diharapkan memiliki bekal ilmu teoritis dan ilmu kemasyarakat atau matang kognitif afektif dan psikomotorik.

Kepala Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat IAIN Metro, Sainul, SH., MH mengatakan, KKN ini telah dipersiapkan dari tahun sebelumnya dan dibiayai oleh lembaga dan Negara.

“ Kami berpesan kepada seluruh mahasiswa agar dapat menunjukkan kapasitas sebagai mahasiswa yang memiliki kemampuan rasional-logis-sistematis sebagai insan akademis. Khususnya dalam menyiapkan dan melaksanakan membuat karya ilmiah sebagai laporan. Selain itu para peserta menjaga fisik dan menyiapkan konsep program kerja selama KKN. Mengingat KKN ini lebih kepada Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM),” kata Sainul, Jumat (24/07/21).

Sementara itu, Sambutan Ketua LPPM, Dr. Aguswan Kh. Umam, MA., mengungkapkan, bahwa peserta KKN Melayu Serumpun telah mengikuti pembekalan dari internal dan pembekalan dari panitia KKN.

“ Sebelumnya pihak LPPM telah meminta Dekan untuk memilih mahasiswa yang memenuhi kriteria KKN Melayu Serumpun. Berdasarkan ketentuan peserta KKN/KPM IAIN Metro dan kriteria KKN Melayu serumpun diantaranya, mahasiswa aktif dalam organisasi dalam atau luar kampus dan memiliki kompetensi dalam bidang kegamaan sehingga mahasiswa IAIN Metro dapat berkolaborasi dengan baik bersama lima belas PTKIN Se-Sumatera,” jelasnya.

Selanjutnya, Rektor IAIN Metro, Dr. Hj. Siti Nurjanah, M.Ag., PIA., berpesan kepada Mahasiswa agar menjaga nama baik lembaga,memahami dan berkreativitas dalam mengimplementasikan pedoman KKN.

” Mahasiswa yang dikirim KKN Melayu Serumpun adalah duta IAIN Metro. Sehingga mahasiswa senantiasa menjaga nama baik lembaga dan tetap mematuhi prokes. Selain itu, mahasiswa harus memahami dan berkreasi sekreatif mungkin dalam mengimplementasikan pedoman KKN serta tetap menjalankan visi misi IAIN Metro selama KKN. Saya harap kegiatan ini berjalan lancar dan para mahasiswa bisa kembali ke bumi Lampung dengan selamat,” pesan Rektor IAIN.

Adapun nama-nama mahasiswa yang mengikuti KKN Melayu Serumpun Se-Sumatera yakni, Nur Khoirun Ni’mah dari Jurusan Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah), Royhatul Ma’wa HR. dari Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Putri Nur Hidayah dari Jurusan Perbankan Syariah, Qonita Lutfani dari Jurusan Tadris Matematika, Apriansyah dari Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam, Willy Ahmad Rifa’i dari Jurusan Perbankan Syariah dan David Renaldo dari Jurusan Tadris Bahasa Inggris.

 

Pewarta : MM

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *