Kampung Nawaripi Mimika salurkan BLT Dana Desa untuk 5 Bulan Pertama di 2021

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Timika – Pemerintahan Kampung/Desa Nawaripi, Kabupaten Mimika Provinsi Papua telah menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) untuk 5 bulan pertama terhitung sejak Januari hingga Mei 2021.

Penyerahan dana BLT dilakukan secara simbolis yang dilakukan oleh Kepala Distrik Wania, Richard N Wakum dan Kapolsek Mimika Baru, AKP Dionisius VDP Helan, SIK kepada para ketua Pengurus Rukun Tetangga (RT) Kampung Nawaripi.

Penyerahan secara simbolis berlangsung di Kantor Pemerintahan Kampung Nawaripi pada Selasa, (27/7).

Kepala Distrik Wania, Richard N Wakum mengatakan, usai penyerahan secara simbolis, selanjutnya para ketua RT menyalurkan kepada warga penerima manfaat dengan mendatangi rumahnya sebagai upaya memutus mata rantai penularan COVID-19.

“Saat ini sedang dalam keadaan pandemi, jadi pambagian melalui ketua RT supaya jangan ada kerumunan,” kata Richard

Ia mengingatkan agar warga yang sudah menerima salah satu bantuan Pemerintah di masa pandemi COVID-19 agar tidak menerima bantuan lainya.

“Supaya tidak dobol nanti. Selain itu yang berhak menerima BLT dana desa harus warga setempat bukan dari kampung lain,” ujarnya.

Sementara itu, Norbertus Ditubun selaku Kepala Kampung Nawaripi menjelaskan, total penerima BLT Dana Desa untuk 5 bulan pertama berjumlah 259 Kepala Keluarga.

“Warga yang berhak menerima kita pastikan ber KTP Nawaripi dan memang betul-betul terdampak pandemi,” terangnya.

Menurutnya, para Ketua RT dilibatkan mengantar langsung BLT yang dikucurkan kepada penerima manfaat di rumahnya masing-masing sebagai upaya memutus mata rantai COVID-19. Disamping itu agar para Ketua RT bertanggung jawab langsung terhadap warga RT setempat.

“Harapannya agar uang itu dimanfaatkan dengan baik oleh warga. Apalagi ini dimasa penerapan PPKM,” tandasnya.

Untuk diketahui, selama pandemi Covid-19, dana desa diprioritaskan untuk pemulihan ekonomi dan pengembangan sektor prioritas di desa.

Salah satu bentuk pemulihan ekonomi berupa jaring pengaman sosial melalui BLT Dana Desa.

Penerima manfaat BLT Dana Desa akan mendapatkan bantuan uang tunai sebesar Rp 300.000 per keluarga hingga Desember 2021.

Dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 222/PMK.07/2020, disebutkan bahwa penerima manfaat BLT Dana Desa harus memenuhi berbagai kriteria yang sudah ditetapkan melalui desa setempat.

 

 

Pewarta : AQM

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *