Kabupaten Pesawaran Raih Penghargaan KLA 2021 Tingkat Madya

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Pesawaran – Usaha Kabupaten Pesawaran dalam pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak mendapat apresiasi dari pemerintah pusat. Hal ini dibuktikan dengan diberikannya penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) 2021 tingkat Madya untuk Bumi Andan Jejama.

Penerimaan penghargaan KLA tersebut diumumkan langsung oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) secara virtual, Kamis 29 Juli 2021.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Pesawaran Binarti Bintang mengatakan, penghargaan tersebut berhasil disabet Kabupaten Pesawaran karena dinilai telah memenuhi kriteria dalam evaluasi kinerja dari semua Stakeholders anak yang berada daerahnya.

“Jadi ada lima kategori penilaian yaitu pemenuhan hak sipil dan kebebasan anak, pemenuhan hak anak atas lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, pemenuhan hak anak atas kesehatan kesejahteraan, pemenuhan hak anak atas pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya, serta perlindungan khusus anak, dan untuk mengikuti penilaian tersebut, kita sudah menginput data selama tiga bulan dan akhirnya dinyatakan bagus setelah divalidasi setelah itu baru ada kunjungan dari pusat untuk verifikasi langsung di lapangan,” katanya.

“Dan disini kami hanya sebagai lintas sektoral jadi ada beberapa instansi yang memiliki program dalam pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak diantaranya Disdukcapil dengan program jemput bola pembuatan Akte Kelahiran dan Kartu Identitas Anak, Disdikbud dengan program sekolah ramah anak, Dinkes dengan puskesmas ramah anak, dan ada juga forum anak kabupaten serta “Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) yang ada si Sungai Langka,” timpalnya.

Menurutnya, Kabupaten Pesawaran mendapat predikat Kota Layak Anak dan berhasil melompat satu tingkat.

“Harusnya tingkat pratama dulu tapi Alhamdullilah kita langsung mendapat penghargaan KLA tingkat Madya,” ujarnya.

Setelah menyandang predikat tersebut dirinya berharap hal itu bisa terus menjadi motivasi untuk pemenuhan hak anak dan mewujudkan pembangunan berprespektif kepentingan terbaik untuk anak.

“Dan saya juga berharap kedepannya gugus tugas dapat menguatkan lima klaster itu untuk pemenuhan hak perlindungan khusus anak,” utasnya.

Sementara itu, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona berharap setelah mendapat predikat KLA Bumi Andan Jejama bisa menjadi tempat yang aman dan nyaman dalam proses tumbuh kembang anak.

“Saya juga berharap anak-anak kita bisa menjadi generasi terbaik bagi Pesawaran,” tutupnya.

 

Pewarta : Deni W

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *