Kadisdik Prof Jufri Jadi Pembicara di Webinar Kolaborasi UT – Disdik Sulsel

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Makassar- Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Prof Dr Muhammad Jufri, MSi, MPsi, Psikolog menjadi pembicara pada seminar kolaborasi antara Universitas Terbuka dengan Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan yang diselenggarakan secara virtual di Ruang e-Panrita Disdik Sulsel, Jl Perintis Kemerdekaan Km.10 Tamalanrea Makassar, Kamis (29/7 2021).

Hadir mendampingi Kadisdidk Sulsel, Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, H Hery Sumiharto, SE.M. Ed, Kepala UPT PTIKP, Dra Hj Andi Hidayati, MSi.

Seminar yang diikuti para Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I – XII, para pengawas dan para Kepala UPT SMA, SMK dan SLB ini dibuka Direktur Universitas Terbuka Makassar, Drs. Hasanuddin, MSi. Menurutnya, seminar ini merupakan hasil inspirasi dari pertemuannya dengan Kepala Dinas Pendidikan Prov Sulsel beberapa bulan lalu.

Selain, Prof Jufri hadir menjadi pembicara adalah Prof Dr M Gorky Sembiring, MSc, Kepala Pusat Penelitian, Keilmuan pada Lembaga Penelitian & Pengabdian kepada Masyarakat Universita Terbuka, dengan judul materi Konseptualisasi & Implementasi Pendidikan Jarak Jauh.

Prof Jufri sebagai pembicara pertama dengan judul materi Pendidikan Jarak Jauh ‘Education Future’ mengatakan, pendidikan online bukanlah fenomena baru. Ini berakar pada pendidikan jarak jauh dan munculnya teknologi digital yang memfasilitasi penyampaian kuliah yang efisien dan andal, sesi kelas virtual, dan materi serta aktivitas instruksional lainnya melalui internet.

Prof Jufri yang juga psikolog ini menyatakaan dengan adanya pandemic covid-19 boleh jadi sebagai tanda atau awal era baru, revolusi pendidikan online. Konsep pendidikan tradisional telah berubah secara radikal dalam beberapa tahun terakhir, katanya

Menurut mantan Dekan Fakultas Psikologi UNM ini, hadir secara fisik di ruang kelas bukan satu-satunya pilihan belajar lagi dengan munculnya internet dan teknologi baru.

“Saat ini, kita memiliki akses ke pendidikan yang berkualitas kapanpun dan di manapun kita inginkan, selama kita memiliki akses ke komputer, internet,” ujar Prof Jufri.

Sebagai Kepala Dinas Pendidikan, Prof Jufri berharap lewat seminar ini akan memberikan inspirasi ataupun konsep pembelajaran jarak jauh yang dapat dipergunakan di sekolah masing-masing. “Kita ingin belajar best practice dari UT, termasuk aplikasi-aplikasi pembelajaran yang mungkin bisa kita modifikasi, bisa kita tiru di sekolah masing-masing.” tutupnya.

 

Pewarta : Ali Ghugunk

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *