Pengawas Sekolah Memiliki Peran Penting Dalam Dunia Pendidikan

  • Whatsapp
Ridwan.As.S Sos Kabud Pembinaan dan Ketenagaan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Nunukan Provinsi Kalimantan utara

MITRAPOL.com, Nunukan Kaltara – Pengawas sekolah sangat dibutuhkan dan memiliki peranan penting dalam dunia pendidikan diakui Ridwan bahwa Saat ini pemerintah daerah kabupaten Nunukan kita masih kekurangan Guru PNS dan juga kita kekurangan Pengawas Sekolah.

Menurut Ridwan saat dijumpai di ruangan kabid pendidikan dan pembinaan dinas pendidikan dan kebudayaan Kabupaten nunukan bahwa Pengawas Sekolag memiliki Tugas dan peranan penting.

Tujuan Pengawas sekolah adalah untuk mempasilitasi sekolah untuk meningkatkan dan mengembangkan sistem penjamin Mutu dalam memenuhi standar Nasional pendidikan sesuai dengan tujuan pendidikan Nasional.

Selain itu tugas pokok dan Fungsi Pengawasa Sekolah, menurut Peraturan pemerintah mentri pendayagunaan Aparatur Negara dan Refirmasu birokrasi No 21 Tahun 2010 tentang jabatan Fungsional, Pengawas SekolH dan Angka kreditnya pasal 13 disebutkan bahwa jenjang pengawas sekolah menjadi 3 bagian mulai dari Jenjang terendah sampai dengan jenjang tertinggi yaitu pengawas minimal golongan III/C atau III/D.

“Dan tugas pokok Pengawas Sekolah yakni melakukan Pengawasan Akademik dan manejerial pada satuan pendidikan yang meliputi penyusunan Program pengawasan, pelaksanaan Pembinaan, Pemantauan dan pelajaran 8 standar nasional pendidikan,” ujar Ridwan.

Tahun 2021 memang diakui banyak pengawas sekolah yang sudah pensiun dan sekarang ini kita membatasi pengawas sekolah dengan alasan karena kita sangat kekurangan guru Pegawai Negeri Sipil.

Kalau kita mengacu pada aturan pengawas sekolah, bahwa 10 sekolah Dasar Negeri minimal satu orang pengawas sekolah kalau kita menghitung 60 orang guru 1 orang pengawas sekolah yang mengawasi memberikan supervisi oleh pengawas.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Nunukan saat ini kita sangat kekurangan dan keterbatasan Guru pendidik juga kita keterbatasan Pengawas Sekolah.

Pengangkatan pengawas sekolah, Dinas Pendidikan harus selektif apalagi sekarang ini adanya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 6 tahun 2018 tentang pengawasan guru pengawasan sekolah, seorang guru menjadi kepala sekolah dan seorang kepala sekolah menjadi pengawas sekolah .

Dan menjadi guru harus memiliki sertifikasi pendidik begitu juga menjadi kepala sekolah harus memiliki sertifikasi kepala sekolah, dan menjadi pengawas Sekolah itu harus memiliki sertifikat tersendiri.

Menjadi kepala pengawas sekolah harus memenuhi berbagai persyaratan dan seleksi begitu ketat Selain itu syarat mutlak minimal III/C sudah menjadi guru memiliki sertifikat pendidik begitu juga perna menjadi kepala sekolah dan memiliki sertifikat kepala sekolah baru ikut seleksi tes calon pengawas Sekolah.

Menjadi pengawas sekolah minimal 53 tahun pernah menjadi kepala sekolah jadi mereka yang diangkat menjadi pengawas sekolah itu tidak semudah harus melalui seleksi ketat.

dinas pendidikan tidak semudah tunjuk menunjuk, menjadi pengawas harus memenuhi syarat sebagai berikut memiliki sertifikat pendidik memiliki sertifikat kepala Sekolah,” ucap Ridwan AS. S. Sos kepada wartawan.

Lanjut Ridwan, bahwa menjadi pengawas sekolah itu, syarat kepala sekolah ikut untuk seleksi calon pengawas, “karena seorang pengawas sekolah yaitu seorang adalah seorang supervisi mengetahui tugas dan fungsi guru juga mengetahui fungsi dan tugas kepala sekolah baru menjadi Pengawas Sekolah.” ujar Ridwan mengakhiri.

 

Pewarta : Yuspal

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *