SMK Negeri 1 Sebatik Barat, Satu Satunya SMK Indinesia Memiliki Visi Menjadi Sekolah Berbasis Ketahanan Pangan

  • Whatsapp
Sujud Santoso.SPd kepala Sekolah SMK Sebatik Barat Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara

MITRAPOL.com, Nunukan Kaltara – Semenjak saya diangkat menjadi kepala sekolah SMK Sebatik Barat tahun 2018. pertama tama saya membuka lahan seluas 4 hektar kami bukak kami tanami pisang pada tahun 2020.

Sujud Santoso S.Pd, saat dikonfirmasi seorang media beliau mengatakan bahwa luas kawasan SMK Negeri sebatik Barat itu Luasnya kurang lebih 35,5 hektar. kamis (29/07/2021)

Setelah membuka lahan lagi 5 hektar kami tanami durian, dan membuka jalan 4 ribu meter untuk menuju ketambak. “Dan pada tahun 2021 ini kami buka lahan seluas 10 hektar, kami tanami Buah manggis, kelengkeng, dan alpukat serta Durian Alokasi rencana penanaman bulan agustus 2021.

Diakui Suyud selaku kepala sekolah sekaligus penanggung jawab SMK Negeri Sebatik Barat kabupaten Nunukan Kalimantan utara. “Tanah atau Lokasi yang Kami kelolah ini adalah Hibah dari pemerintah Daerah Kabupaten Nunukan, hingga sekarang sudah sertifikat atas nama SMK Negeri 1 Sebatik Barat.

“Saya membangun ini tujuannya supaya siswa mempunyai keahlian dalam mengekulasi bibit buah buahan dan kelak Lulus dari SMK Negeri Sebatik Barat bisa diandalkan menjadi tenaga ahli bidang pertanian khususnya Tanaman Buah Buahan,” ucap Sujud

Masih kata Suyud, dan Juga nantinya SMK Negeri 1 Sebatik Barat sebagai pusat bibit buah buahan se-Kaltara bahkan se-Indonesia.

“Saat ini kami terus berinovasi dan berusaha membangun bagaimana SMK ini bisa menjadi contoh kepada Seluruh SMK Se Indonesia dan satu satunya juga SMK memiliki kawasan yang cukup luas dan trategis,” kata Sujud

Kami terus membangun bekerjasama dengan Masyarakat yang mengerjakannya adalah warga masyarakat yang sering dibantu siswa, “Manakalah Siswa waktu Libur diluar jam belajar mereka datang bergotong royong sekaligus Refresing,” ujar Sujud.

Diakui Sujud Santiso S.Pd, Bahwa Sekolah SMK sebatik Barat belum memiliki alat berat dan kami masih nyewa alat berat untuk membuka lahan.

Saat di singgung tentang konsep seperti apa yang SMK Sebatik tanamkan kepada para Siswa dan Sekolahan.

Menurut sujud Santoso S. Pd bahwa konsep utama kami adalah SMK Negeri 01 sebatik barat sebagai sekolah berbasis ketahanan pangan itu satu satunya di Indonesia dan menuju Sekolah agrowisata.

Membuat dan mengelola kebun seluas 5 Hektar Sumber anggaran yang gunakan SMK sebatik Barat setiap tahun menghabiskan anggaran yang cukup pantastik, ini semua anggaran dari dana BOSNAS dan tahun 2021 bisa lebih karena membuat Danau kurang lebih 2 hektar Luasnya.” Ungkap Sujud Santoso S.Pd kepala Sekolah SMK Sebatik Barat

 

Pewarta : Yuspal

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *