Hadapi Kecamatan Zona Merah Covid-19, Forkopimda Siapkan Langkah Penanganan Dimasa PPKM Darurat Level 4

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Jabar – Sebanyak enam kecamatan di Kabupaten Cirebon berstatus zona merah Covid-19. Diantaranya, Sumber, Talun, Depok, Plumbon, Kedawung, dan Tengahtani.

Karenanya, Forkopimda Kabupaten Cirebon berencana menyiapkan langkah intervensi untuk menanganinya. Para camat, kapolsek, danramil, kepala puskesmas, dan lainnya dari enam kecamatan itu dikumpulkan dalam Rapat Koordinasi Lintas Sektoral di Mapolresta Cirebon, Kamis (5/8/2021).

Kapolresta Cirebon Polda Jabar, Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H, mengatakan, rapat itu bertujuan menyamakan persepsi untuk merumuskan langkah pencegahan dari hulu hingga hilir. Bahkan, termasuk langkah ekstra dalam hal suplay vaksin Covid-19.

“Semoga intervensi dari pemda, TNI, dan Polri bisa mengakselerasi penanganan di enam kecamatan tersebut. Agar jajaran pemerintah kecamatan menyiapkan langkah penanganan pandemi Covid-19 yang lebih kolaboratif,” kata Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H.

Ia juga meminta agar pusat-pusat keramaian di seluruh kecamatan zona merah tersebut diinventarisir dengan tepat. Selain itu, penerapan protokol kesehatan di wilayah enam kecamatan itu, khususnya di pusat keramaiannya dipantau secara ketat.

Namun, pihaknya meminta agar petugas yang melakukan pemantauan tersebut bertindak secara humanis dan selalu mengedepankan edukasi. Sehingga dapat membangkitkan kesadaran seluruh elemen masyarakat mematuhi protokol kesehatan.

“Pelaksanaan testing, tracing, dan treatment (3T) di enam kecamatan zona merah dilaksanakan dengan optimal serta diawasi betul. Sehingga bisa memisahkan antara yang sehat dan yang sakit,” ujar Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H.

Arif juga mewanti-wanti jika ada warga enam kecamatan tersebut yang tengah menjalani isolasi mandiri dan membutuhkan bantuan sosial maka segera dikoordinasikan dengan Kapolsek di wilayahnya masing-masing.

Selain itu, saat warga enam kecamatan zona merah membutuhkan vaksin Covid-19 dapat menggunakan persediaan vaksin yang ada di Polresta Cirebon Polda Jabar. Sehingga herd immunity masyarakat Kabupaten Cirebon segera terbentuk dan pandemi Covid-19 berakhir secepatnya.

 

Pewarta : Hamdani

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *