5 Fungsi Wakaf Uang yang harus anda ketahui

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Jakarta – Wakaf Uang yang dikelola oleh Badan Wakaf Indonesia (BWI) di bawah pengawasan dari Kementerian Agama mempunyai banyak fungsi yang tentunya ditujukan untuk kemaslahatan umat.

Salah satu fungsi dari hal tersebut adalah wakaf uang untuk pengelolaan aset wakaf. Lantas, apa sajakah fungsi yang lainnya? Informasi selengkapnya dapat Anda simak dalam ulasan gamblang artikel ini.

Fungsi Wakaf Uang

Kini Anda tidak perlu ragu lagi untuk mewakafkan harta dalam bentuk uang tunai. Sebab, pengelolaan wakaf uang tersebut sudah sangat baik dan terstruktur dengan rapi sehingga uangnya sudah pasti bermanfaat. Di samping itu, wakaf tersebut mempunyai banyak fungsi yang akan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat luas.

1. Pengelolaan Aset Wakaf

Uang yang telah diwakafkan oleh wakif dapat berfungsi sebagai pengelolaan aset wakaf. Seperti yang telah diketahui secara umum, selain dalam bentuk uang, wakaf juga dalam bentuk benda mati maupun benda bergerak, seperti halnya tanah, bangunan, dan kendaraan. Untuk mengelola benda wakaf tersebut, BWI atau nazhir lainnya bisa menggunakan dana dari wakaf uang.

Dalam mengelola aset wakaf masih diperlukan dana tambahan. Oleh sebab itu, dengan adanya wakaf uang, hal ini difungsikan untuk mengelola aset wakaf supaya tetap dalam keadaan baik dan bisa dikembangkan sehingga keuntungannya dapat digunakan untuk kemaslahatan umat.

2. Pengembangan UMKM

Selain untuk mengelola aset wakaf, wakaf uang juga akan difungsikan untuk pembangan Usaha Masyarakat Kecil Menengah (UMKM). Hal ini untuk membantu masyarakat yang sedang mengembangkan usahanya.

Pengembangan UMKM dari dana wakaf uang ini harus dipahami oleh masyarakat dan hal ini telah disampaikan melalui instagram literasi zakat wakaf. Jika semakin banyak yang mewakafkan uang, maka semakin banyak juga industri UMKM yang akan dikelola dan dikembangkan.

3. Kegiatan Sosial Keagamaan

Wakaf uang juga menyasar pada pengelolaan kegiatan sosial keagamaan di masyarakat. Kegiatan ini tentunya merupakan kegiatan yang positif dan akan menumbuhkan kebiasaan baik di kalangan masyarakat. Dana dari pengadaan kegiatan tersebut dapat memanfaatkan dana dari wakaf uang yang telah dikelola nazhir.

Pengelolaan kegiatan sosial keagamaan yang memanfaatkan dana dari wakaf uang ini tentunya akan bekerjasama dengan stakeholder yang terkait di berbagai daerah.

4. Mensejahterakan Rakyat

Fungsi wakaf uang selanjutnya yakni untuk mensejahterakan kehidupan rakyat khususnya bagi mereka yang kurang mampu. Dana wakaf uang tersebut akan disalurkan dalam berbagai bentuk dana sosial untuk membantu masyarakat yang kekurangan. Juga, dana ini akan dihibahkan sebagai modal bantuan bedah rumah dan modal usaha.

Di samping itu, jika ada bencana alam dan masyarakat memerlukan bantuan, maka dana wakaf uang pun juga akan dikeluarkan. Hal ini semata-mata hanya untuk kepentingan rakyat dan agar kehidupan mereka terjamin.

5. Pembangunan Tempat Umum

Wakaf uang juga ditujukan untuk pembangunan tempat umum yang berkaitan dengan kesehatan, pendidikan, dan peribadatan. Dalam hal ini, jika ada pembangunan sekolah, rumah sakit, atau masjid, nazhir dapat membantu untuk menyokong dana dari wakaf uang yang ada.

Tentunya, hal ini dapat menjadikan amal jariah bagi wakif atau orang-orang yang telah mewakafkan uangnya. Oleh sebab itu, jangan ragu lagi untuk mewakafkan sebagian harta Anda dalam bentuk tunai.

Di samping wakaf uang untuk pengelolaan aset wakaf, banyak sekali fungsi dari wakaf uang, bukan? Jika Anda ingin mengetahui lebih dalam tentang wakaf uang, silakan membuka Instagram @litersizakatwakaf atau mensubscribe channel Youtube Literasi Zakat Wakaf.

 

 

Pewarta : DR

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *