Menteri LHK Lantik Dua Staf Ahli Menteri

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Jakarta – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr.Ir Siti Nurbaya Bakar, M.Sc. melantik dua Pejabat Pimpinan Tinggi Madya (Eselon I) yaitu Winarni Monoarfa sebagai Staf Ahli Menteri LHK Bidang Energi, serta Tasdiyanto sebagai Staf Ahli Menteri LHK Bidang Ekonomi Sumber Daya Alam, di Jakarta, Jumat (6/8/2021).

“Saya berharap para pejabat yang dilantik dapat bekerja dengan baik, dengan segala kesungguhan hati, dalam pengertian yang kuat, berkomitmen terhadap sumpah jabatan, hingga pelaksanaan tanggung jawabnya,” kata Menteri Siti Nurbaya.

Jabatan Staf Ahli Menteri (SAM) di KLHK, merupakan posisi yang penting, selain menopang tugas-tugas, memperkuat kebijakan, dan operasional di Direktorat Jenderal, peran penting Staf Ahli Menteri yaitu dalam tugas-tugas kajian, analisis, desain operasional, dan artikulasi kebijakan.

Baik Staf Ahli Menteri Bidang Energi, maupun Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi Sumber Daya Alam, erat kaitannya dengan perubahan iklim, SDGs, dan produktifitas sustainability kehutanan. Sebagaimana diketahui, dalam dokumen Updated NDC Indonesia ditetapkan target penurunan emisi GRK pada tahun 2030 hingga 41 persen dengan dukungan kerja sama internasional, teknologi, finansial, dan private investment.

“Untuk mencapai target tersebut, Prime mover atau penggerak utamanya yaitu sektor kehutanan dan lahan, dan sejalan dengan itu juga sektor energi. Kita juga sudah melaporkan bahwa pencapaian NDC dari sektor kehutanan akan sedapat-dapatnya kita maksimalkan sampai dengan tahun 2030,” ungkap Menteri LHK.

Untuk capaian NDC dari sektor energi, KLHK mendorong pengembangan Hutan Tanaman Industri (HTI) untuk bioenergi. Alokasi areal untuk tanaman energi seluas 156,032 Ha, dengan jenis tanaman berupa Sengon, Kaliandra, Akasia, Bakau, Gamal, Bambu dan sebagainya. KLHK juga mendukung pengembangan mikrohidro dan geothermal di kawasan konservasi. Dukungan lainnya yaitu melalui pemanfaatan sampah menjadi energi listrik.

Selanjutnya, pada aspek Ekonomi Sumber Daya Alam, Menteri Siti Nurbaya menitikberatkan pada nilai-nilai keadilan, keberpihakan, dan tentu peran ilmu pengetahuan dan teknologi. Staf Ahli Menteri Ekonomi Sumber Daya Alam mengemban tugas yang tidak sedikit, serta berbicara berbagai perspektif politik, proyeksi-proyeksi, dan desain kebijakan, termasuk proyek-proyek strategis nasional.

“Kembali saya mengajak, mari kita ke depan bersama-sama menunjukkan bahwa kita adalah para pemimpin birokrasi yang handal,” pungkas Menteri Siti Nurbaya.

Pada pelantikan ini, turut hadir Wakil Menteri LHK Alue Dohong, serta jajaran Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama lingkup KLHK.

 

Pewarta: Syahril Ramadhan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *