Babinsa harus mampu beradaptasi di wilayah

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Batang Jateng – Dalam rangka meningkatkan kesiapan para Babinsa jajaran Kodim 0736/ Batang dalam pelaksanaan pembinaan dan pemberdayaan wilayah pertahanan darat, Kodim 0736/Batang menggelar kegiatan Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan (Binsiap Apwil) dan kemampuan Teritorial (Puanter) Triwulan III TA. 2021, kegiatan tersebut bertempat di Makodim 0736/Batang Jalan Jensud, Kasepuhan Batang (12/8/2021).

Dalam sambutannya Dandim 0736 Letkol Arh Yan Eka Putra yang diwakili Kasdim Batang Mayor Kav Haryono mengatakan, saya ucapkan selamat datang kepada Mayor Inf Safari beserta anggota, permintaan maaf di sampaikan kalau Dandim sedang menyambut Danrem 071/Wijaya Kusuma yang akan berkunjung ke Makodim 0736/ Batang.

Kegiatan Pembinaan Kesiapan Aparat Komando Kewilayahan (Binsiap Apwil) dan Kemampuan Teritorial (Puanter) Triwulan II TA 2021 ini dilaksanakan untuk membekali dan meningkatkan Binter dalam upaya peningkatan kemampuan Apkowil yang di selenggarakan setiap Triwulan. “Harapan kami anggota dapat mengambil intisari dari materi asistensi,” tuturnya.

Tugas Babinsa berat, di masa pandemi covid-19 kedepan banyak tugas yang menanti seperti halnya pelaksanaan vaksinasi. Vaksinasi sekarang menyasar kepada sekolah maupun pondok pesantren.

Mari kita laksanakan tugas negara ini dengan penuh rasa tanggung jawab. Pada kesempatan kali ini manfaatkan dengan baik, serap materi yang di sampaikan guna mendukung tugas pokok dapat terlaksana.

Mari kita dengarkan apa yang di sampaikan pemateri, apabila ada yang kurang jelas agar di tanyakan.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan mental disiplin dan semangat aparat kowil yang tangguh dan profesional dalam melaksanakan tugas Pembianaan Teritorial (Binter) di satuan dimasa Pandemi Covid-19,” terang Mayor Kav Haryono.

Mayor Inf Safari membacakan sambutan Danrem 071/Wijaya Kusuma Kolonel Inf Dwi Lagan bahwa dalam rangka meningkatkan kesiapan prajurit dalam pelaksanaan pembinaan pemberdayaan wilayah pertahanan darat harapannya agar seluruh prajurit Kodim dapat menunjukkan sikap teritorial sebagai wujud nyata dari seluruh bentuk tingkah laku sebagai prajurit dalam berhubungan dengan segenap lapisan masyarakat. “Serta dapat mewujudkan sikap kepribadian TNI AD dalam menjalin hubungan dengan masyarakat guna mendukung tugas di wilayah,” tuturnya.

Terwujudnya sikap teritorial bagi prajurit di awali dengan senyum, tegur sapa, saling menghargai, saling membantu dan tata krama.

Kita sekarang sedang menghadapi pandemi covid-19, terkait dengan peran Babinsa dengan ini sangatlah berkaitan. “Babinsa harus memiliki kemampuan memecahkan masalah, mengayomi berkomunikasi, serta menjadi panutan dan berpenampilan sebagai prajurit sejati,” terangnya

Kita mendapatkan tugas negara guna menangani pandemi covid-19 dengan aktif dan turun langsung ke lapangan.

Salah satunya adalah dengan melaksanakan tracking di wilayah yang warganya terindikasi terpapar Covid-19. Peran Babinsa sangat di perlukan dalam mengumpulkan informasi terkait covid-19, baik yang terpapar, sembuh dan juga yang meninggal dunia,” imbuhnya”

 

Pewarta : Irul

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *