Gubernur Lampung dampingi Menko Perekonomian dan Kepala BNPB tinjau pelaksanaan PPKM 

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Lampung Selatan – Gubernur Arinal Djunaidi mendampingi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Ganip Warsito  dalam kunjungan kerja ke Provinsi Lampung, Jum’at, (13/08/2021).

Kunjungan kerja dilaksanakan di desa Negara Ratu Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan.

Menko Perekonomian bersama Kepala BNPB melihat secara langsung  penerapan Protokol Kesehatan dan meninjau pelaksanaan PPKM di Posko Kesehatan dan Posko Relawan Covid-19 desa Negara Ratu sebagai salah satu contoh desa yang melaksanakan PPKM di Provinsi Lampung.

Secara umum Camat Natar, Eko Irawan, S.STP memberikan penjelasan terkait Posko Kesehatan dan posko relawan  satgas Covid-19 desa Negara Ratu.  Menko beserta rombongan menyaksikan secara langsung  simulasi testing dan tracing yang dilakukan Tracer kepada orang kontak erat dengan pasien Covid-19.

Dijelaskan pula, bahwa saat ini di desa Negara Ratu terdapat pasien  isoman sebanyak  1 orang dan pasien yang dirawat  Puskesmas  sebanyak  1 orang.

Pemerintah desa selalu mengikuti arahan Pemerintah pusat dan provinsi serta mensuport upaya penanganan   dan pencegahan penyebaran Covid-19 di daerah. Di  Posko kesehatan disiapkan Ruang isolasi mandiri, petugas tracing dan Ambulan desa serta disediakan bantuan sembako dan  multivitamin bagi pasien isolasi.

Diungkapkan, Camat Natar, bahwa di Desa Negara Ratu telah dilakukan vaksinasi kepada  572 orang atau 4,4 persen dari jumlah warga.Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Arinal Djunaidi juga memberikan bantuan paket sembako yang secara simbolis diserahkan oleh Menko kepada warga masyarakat terdampak pandemi Covid-19 di Kabupaten Lampung Selatan sejumlah 750 paket.

Bantuan Pusat sebanyak 51.261 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk Kabupaten Lampung Selatan,  sebanyak  7.000 paket sembako untuk wilayah Natar yang secara simbolis diserahkan kepada 5 orang perwakilan, Masker 3000 pcs, handsanitizer 5 Jerigen dan disinfektan 5 Jerigen.

Sedangkan dari Bupati Lampung Selatan berupa uang santunan Rp.  5.000.000,- untuk warga meninggal karena Covid-19 yang diserahkan kepada ahli waris dan Rp. 560.000 untuk pasien  Covid-19 serta santunan untuk pasien  isolasi mandiri per keluarga maksimal 4 orang dengan nilai  Rp. 10.000 per orang selama 15 hari.

Turut hadir Forkopimda, Bupati Lampung Selatan, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama beberapa Perangkat Daerah terkait.

 

 

Pewarta : MM

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *