173 Warga Binaan Lapas Klas IIB Brebes Mendapatkan Remisi Umum HUT RI ke-76

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Brebes – Momentum peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, menjadi kebahagiaan tersendiri utamanya bagi para penghuni ( warga binaan ) Lapas Klas IIB Brebes,karena sebanyak 173 warga binaan Lapas Brebes,mendapatkan Remisi Umum atau pemotongan masa tahanan di HUT Kemerdekan RI Ke-76.

Bertempat di Ruang Layanan Terpadu Lapas Kelas IIB Brebes dilaksanakan kegiatan Penyerahan Remisi Umum bagi Narapidana dan Anak dalam rangka Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2021. Acara Pemberian remisi umum HUT ke-76 kemerdekaan RI tahun 2021 ini dilakukan serentak secara virtual melalui Aplikasi Zoom yang berpusat di Graha Bakti Pemasyarakatan Direktorat jenderal Pemasyarakatan Jakarta.

Dalam kesempatan ini penyerahan Remisi bagi warga binaan Lapas Brebes secara simbolis diberikan oleh Bupati Brebes Idza Priyanti Kepala Warga Binaan.Hadir dalam acara tersebut Forkompimda Brebes yaitu Bupati Brebes Idza Priyanti,Kejaksaan Tinggi Brebes yang di wakilkan oleh Jampidum,Kodim 0713 yang di wakilkan Kapten Yatno Pasi intel Kodim 0713,Kapolres Brebes yang di wakilkan oleh Kasat Reskrim AKP Hadi Handoko dan Pejabat struktural Lapas Brebes, Selasa 17 Agustus 2021.

Kepala Lapas Klas IIB Brebes Isnawan, A.Md.IP,. S.H., M.H mengatakan,”Warga binaan pemasyarakatan merupakan bagian dari warga negara yang tetap memiliki hak-hak yang mesti dihormati dan dipenuhi.Bentuk penghormatan negara terhadap narapidana dengan memotong masa pidana.Dimana Hal tersebut telah diatur oleh Undang-Undang RI Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan, PP Nomor 32 Tahun 1999 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan, Perubahan Pertama: PP No.28 Tahun 2006, Perubahan Kedua: PP Nomor 99 Tahun 2012, Keputusan Presiden No.174/1999, serta Peraturan Menteri No. 3 tahun 2018 tentang pemberian Remisi kepada Warga Binaan. Pemasyarakatan.

Dari 173 warga binaan yang mendapatkan remisi, terdiri dari 168 laki-laki dan 5 wanita. “Dari jumlah itu 1 orang langsung bebas, dikarenkan masa tahanannya memang sudah kurang 1-2 bulan saja.

Lanjut Isnawan, untuk warga binaan lainnya mendapatkan remisi berbeda, ada yang satu bulan atau dua bulan sampai Remisi maksimal 6 bulan sesuai dengan masa hukumannya.

Isnawan menjelaskan, pemberian remisi bagi warga binaan dibagi dalam beberapa kriteria penilaian yang baik, yang diberikan oleh pihak Lapas,kriterianya antara lain :
1. tidak melakukan pelanggaran,
2. tidak masuk dalam Registrasi F
3. telah memenuhi persyaratan
4. selalu mematuhi peraturan Lapas
5. dan telah menjalani hukuman lebih dari 6 bulan terhitung putusan hakim.

“Karena pemberian remisi di tahun ini ada warga binaan yang bebas, maka jumlah tahanan di Lapas Brebes tersisa sebanyak 266 orang,” pungkas isnawan

Sementara itu Bupati Brebes Idza priyanti menyampaikan,”Semoga lewat pemberian remisi, membuat warga binaan yang mendapatkannya, bisa lebih baik lagi hidupnya.Dan buat yang bebas Jadilah insan yang taat hukum,insan yang berakhlak mulia dan berbudi luhur,serta insan yang berguna bagi pembangunan bangsa.Di karenkan sekarang dalam masa pandemi Covid-19 saya berpesan selalu patuhi protokol kesehatan.” tutur Idza

Kegiatan berjalan dengan lancar dan kondusif serta dengan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

 

Pewarta : Maeel/Hms

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *