Cegah Penularan Covid-19, Kompol Tata Irawan : Kesehatan Masyarakat Itu Harus Kita Perhatikan

  • Whatsapp

MITRAPOl.com, DEPOK – Perjuangan dalam menangani masalah Covid-19 di masa pandemi ini tidak mudah, hal itulah yang terus dilakukan, salah satunya oleh Kapolsek Cinere Depok untuk warganya.

Di massa pandemi Covid 19 ini, berbagai kegiatan untuk mencegah penularan virus tersebut dilakukan dari mulai penerapan protokol kesehatan, memberikan bantuan warga terpapar serta vaksinasi.

Untuk itu Kapolsek Cinere Kompol Tata Irawan SE., kesibukan setiap harinya tidak ada henti-hentinya melayani warganya bersama Koramil 07/Limo, di dua Kecamatan Cinere dan Limo, agar warganya terhindar dari Covid 19.

Sebagai anggota Polri yang ditempatkan memimpin Polsek Cinere, dirinya tidak pernah menyerah dalam menagani masalah Covid 19. Tak kenal hari libur, Tata pun terus memantau warganya sampai ke tingkat RT.

Maka jangan heran bila ia selalu mendapatkan laporan tentang Covid 19 dari para Ketua RW, dan ini menjadi tantangan tugasnya dalam mengatasi yang saat itu tingginya penyebaran Covid 19 di wilayahnya.

Bahkan Tata juga mengaku dalam mengatasi Covid 19 di wilayahnya, ia pernah menutup Portal di kawasan perumahan Villa Mutiara yang menjadi perlintas warga lain, bukan hanya warga komplek saja.

“Saya pernah menutup total akses jalan di Villa Mutiara, karena habis sewaktu itu setelah dilakukan Swab untuk warga di perumahan itu, ternyata positifnya tinggi, akhirnya jalan tersebut kita tutup sesuai kesepakatan dengan warga,” ujarnya saat di temui beberapa waktu lalu di Mapolsek Cinere Kota Depok.

Menurutnya, itu merupakan salah pencegahan yang ia lakukan dalam mengatasi penularan Covid 19 di lingkungan warga perumahan.

Untuk mengatasi pandemi Covid 19, Tata juga mengaku selalu melakukan koordinasi dengan para Lurah yang ada di Kecamatan Cinere dan Limo. Apalagi Kecamatan Cinere ini rangking 11 atau terendah 11 Kecamatan yang ada di Kota Depok.

Koordinasi yang dilakukan tersebut tak lain membahas mengenai bagaimana cara mengatasi lonjakan Covid 19 di masing-masing Kelurahan tersebut.

“Kita berkoordinasi dengan masing-masing Lurah untuk mengatasi Covid 19 ini. Tujuannya agar warga terhindar dari virus. Apalagi Kesehatan itu kan hal utama yang harus kita perhatikan,” tuturnya.

Tambahannya, “Alhamdulillah hasil kerja keras setiap hari yang kita lakukan, lonjakan warga yang terpapar Covid 19 sudah turun setiap harinya,” ungkapnya.

Program Kegiatan

Berbagai program kegiatan terus di jalankan oleh mantan Kapolsek Babelan ini, untuk mengatasi penyebaran Covid 19, dari mulai melakukan Operasi Yustisi Protokol Kesehatan, Pembagian Sembako, Pembagian Obat untuk warga yang sedang melaksanakan Isolasi Mandiri, serta melaksanakan Vaksinasi Massal.

Tata juga menceritakan saat banyaknya warga yang melakukan Isolasi Mandiri, ia pun hadir dengan mengajak warga untuk swadaya membantu menyiapkan makan siang dengan membuat dapur umum.

“Memang tidak mudah untuk mengerakan warga agar dapat membantu warga lainnya. Awalnya sih memang sulit, namun hal itu bisa berjalan dengan lancar, saat itu saya bantu beras, Alhamdullilah ada yang membantu telur, sayuran, perlaralatan, hingga tenaga memasak,” ujarnya.

Memang itu kegiatan spantan tapi bisa berjalan dan meringankan beban warga yang pada saat itu melaksanakan isolasi mandiri.

PPKM Darurat

Begitu pula selama masa PPKM Darurat, Tata selalu melakukan operasi yustisi protokol kesehatan, dimana saat operasi tersebut petugas bukan saja menyampaikan himbauan kepada warga tentang penerapan Protokol Kesehatan, akan tetapi kita juga membagikan masker, kepada warga yang di luar rumah tidak menggunakan masker.

“Kita siang dan malam melaksanakan Operasi Yustisi tersebut, baik itu di cafe-cafe, rumah makan, maupun tempat keramaian lainnya, kita ingatkan kepada pengelola cafe, rumah makan dan sebagainya, untuk tepat waktu saat jam tutup serta pelaksanaan protokol kesehatan ketat bagi pengumuman cafe. Bahkan di lokasi cafe kita bawa tim dari tenaga kesehatan untuk melakukan Swab secara acak bagi pendukung Cafe,” papar Tata seraya menyatakan saat di Swab pengunjung cafe tersebut dinyatakan negatif.

Dalam membantu warga masyarakat di masa PPKM Darurat, Tata menyebutkan untuk meringankan beban warga masyarakat saat PPKM Darurat, Polsek bersama Koramil 07/Limo membagikan beras ke warga yang sangat membutuhkan.

“Di beberapa Kelurahan kita bagikan bantuan beras masing-masing 5 kg untuk warga yang sangat membutuhkan,” ujarnya.

Vaksinasi massal

Kapolsek Cinere menjelaskan pihaknya hampir setiap hari melaksanakan Vaksinasi massal, bukan saja Vaksinasi tersebut di laksanakan di Polsek, akan tetapi vaksinasi ini menyasar sampai ke tingkat RW.

“Pelaksanaan vaksinasi ini, kita laksanakan dari di tingkat Kecamatan, Kelurahan, dan RW. Antusian warga cukup tinggi untuk melaksanakan Vaksinasi ini. Jadi disetiap wilayah kita lakukan Vaksinasi, pastinya terus ramai warga yang ingin di vaksin. Bahkan bisa melebihi kuota yang kita berikan,” jelasnya.

Untuk Vaksinasi ini dari Polres Metro Depok, Polsek Cinere melaksanakannya. bekerja sama dengan UPTD Puskesmas Limo dan Cinere. Juga di bantu oleh anggota Polres dan Polsek.

Tata juga menyebutkan, dalam memperingati HUT Republik Indonesia ke 76, sebagai garda terdepan dalam penanggulangan masalah Covid-19, TNI -Polri, Stakeholder Pemerintahan, tenaga kesehatan harus tetap samangat.

“Ini merupakan pejuangan kita bersama, untuk membantu dan menolong sesama, tanpa menyerah,” tambah Kapolsek Cinere Kompol Tata Irawan SE.

 

Red

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *