GNP TIPIKOR Temukan Indikasi Dugaan Korupsi pada kegiatan Bimtek APDESI Lambar

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, PEsawaran – Gerakan Nasional Pengawasan Tindak Pidana Korupsi (GNP TIPIKOR) Provinsi Lampung menemukan indikasi dugaan tindak pidana korupsi pada kegiatan Pelatihan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pelatihan Peningkatan Kapasitas Perangkat Desa yang dilaksanakan Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Lampung Barat melalui pihak ketiga di Hotel Horison Bandar Lampung pada 26-29 pada Mei lalu.

Sekretaris GNP TIPIKOR Provinsi Lampung Suprapto saat ditemui wartaqan di kantornya, Rabu (18/8/2021), mengungkapkan berdasarkan penelusuran Tim Investigasi GNP TIPIKOR Provinsi Lampung, ditemukan beberapa indikasi dugaan mark up dan penyimpangan anggaran pada kegiatan tersebut.

“Berdasar investigasi yang kami lakukan, ditemukan beberapa indikasi dugaan tindak pidana korupsi pada kegiatan Bimtek Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa Se-Kabupaten Lampung Barat yang dilaksanakan di salah satu hotel di Bandar Lampung pada Bulan Mei lalu, tapi maaf saya belum bisa memberikan keterangan secara rinci terkait indikasi tersebut. Nanti kami kirim rilisnya,” ujar Suprapto.

Lebih lanjut dia juga mengatakan GNP TIPIKOR sudah berkoordinasi dengan Kejaksaan Negeri Lampung Barat terkait kasus ini. Selanjutnya, ujar dia, pihaknya akan melayangkan surat kepada Ketua APDESI Kabupaten Lampung Barat untuk memberikan penjelasan.

“Kita sudah berkoordinasi dengan Kejari Lampung terkait kasus ini,” katanya.

Sebelumnya diberitakan GNP TIPIKOR Provinsi Lampung akan melakukan investigasi terkait informasi adanya dugaan korupsi di tubuh APDESI Kabupaten Lampung Barat.

Hal itu dikatakan Ketua Umum DPW GNP Tipikor Provinsi Lampung Dr. Abdurachman Sarbini, S.H., M.H., M.M. saat ditemui di kantornya di Jl. Dr. Harun III, Kelurahan Tanjung Karang Timur, Kota Bandar Lampung, Jumat (2/7/2021) lalu.

Menurut Mance, pihaknya mendapat informasi masyarakat terkait adanya indikasi dugaan korupsi dalam kegiatan Pelatihan Perangkat Desa se-Kabupaten Lampung Barat yang dilaksanakan Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Lampung Barat di Hotel Horison Bandar Lampung.

Lebih lanjut Mance mengatakan pihaknya akan segera melakukan investigasi dan cross chek. Jika memang dugaan itu mengarah pada pidana korupsi, ujar Mance, pihaknya akan berkoordinasi dengan penegak hukum.

“Jika nanti memang ditemui ada unsur pidana korupsi maka akan kita teruskan kepada penegak hukum,” tegasnya.

 

Pewarta : Deni w

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *