Kadisdik Sulsel Bersama Dua Guru Besar Jadi Narasumber PPK SMAN 14 Bone

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Makassar -Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Prof Dr Muhammad Jufri, MSi, MPsi, Psikolog menjadi narasumber pada kegiatan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang dilaksanakan UPT SMAN 14 Bone secara virtual dengan aplikasi zoom, Kamis (19/8 2021).

Kegiatan yang dikhususkan kepada siswa SMAN 14 Bone ini juga diikuti segenap Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I – XII, juga para Kepala UPT SMA, SMK se Sulsel, dan Wakasek Kesiswa serta para Ketua OSIS se Sulsel.

Pada kesempatan tersebut, Prof Jufr membawakan materi dengan tema ‘Membangun Sekolah Berintegritas Melalui Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Prof Dr Muhammad Jufri, MSi, MPsi, Psikolog menjadi narasumber pada kegiatan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang dilaksanakan UPT SMAN 14 Bone secara virtual dengan aplikasi zoom, Kamis (19/8 2021).

Kegiatan yang dikhususkan kepada siswa SMAN 14 Bone ini juga diikuti segenap Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I-XII, juga para Kepala UPT SMA, SMK se Sulsel, dan Wakasek Kesiswa serta para Ketua OSIS se Sulsel.

Pada kesempatan tersebut, Prof Jufr membawakan materi dengan tema ‘Membangun Sekolah Berintegritas Melalui Pendidikan Karakter’. Pendidikan Karakter’.

Prof Jufri mengatakan, gerakan pendidikan di sekolah untuk memperkuat karakter siswa melalui harmonisasi olah hati (etik), olah raga (estetika), olah piker (literasi), dan olah raga (kinestetik).

Menurut mantan Dekan Fakultas Psikologi UNM ini, dengan dukungan pelibatan public dan kerjasama antar sekolah, keluarga, dan masyarakat yang merupakan bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM).

Prof Jufri memaparkan tantangan pendidikan masa kini yang harus segera ditangani secara bijak, antara lain optimlisasi pengembangan potensi siswa secara harmonis melalui keseimbangan olah hati, olah pikir, olah rasa dan olahraga.

Tantangan lainnya, yaitu besarnya populasi siswa, guru dan sekolah yang tersebar di seluruh Indonesia, juga tantangan globalisasi dengan memperkuat kemampuan beradaptasi terhadap perubahan melalui penumbuhan nilai-nilai religiusitas dan kearifan lokal.

Hal lain, kata Prof Jufri, yaitu terbatas pendampingan orang tua. Jadi perlu peningkatan kualitas hubungan orang tua dengan anak di rumah dan lingkungannya.

Selain Prof Jufri, hadir menjadi narasumber adalah Prof Dr Hamzah Upu, M.Ed, dan Prof Dr H Heri, SH.MH.

 

Pewarta : Ali Ghugunk

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *