Resmikan Ruas Takkalasi – Bainange – Lawo, Plt Gubernur : ini adalah uang rakyat dan untuk rakyat serta pangkas 30 km perjalanan

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Barru Pemprov Sulsel – Ruas jalan Takkalasi – Bainange – Lawo yang menjadi akses jalan provinsi yang menghubungkan Kabupaten Barru dan Soppeng, atas sinergitas dari berbagai pihak. Hal itu disampaikan Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, saat meresmikan ruas jalan Takkalasi – Bainange – Lawo, di Desa Kamiri, Kecamatan Balusu, Kabupaten Barru, Kamis, 19 Agustus 2021.

Andi Sudirman didampingi Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika Sari, Wakil Ketua DPRD Sulsel Muzayyin Arif, dan Bupati Barru Suardi Saleh, serta para unsur Forkopimda Barru. Ia mengaku, hadirnya akses ini menjadi tugasnya sebagai pelayan masyarakat.

“Ini tentu dibantu DPRD Provinsi yang turut menyetujui pelaksanaan penanganan jalan ini. (Hadirnya jalan ini) Jangan lihat karena sayanya, kebetulan Allah mendudukkan saya di sini. Pembangunan ini jangan lihat karena saya, namun ini adalah uang negara dari rakyat untuk rakyat. Allah hanya menempatkan saya disini, bagaimana menjadi penyambung lidah dan penyambung pelaksanaan,” ujarnya.

Dengan jalan ini, masyarakat tak hanya mendapatkan akses jalan yang mulus. Namun juga bisa mempersingkat jarak tempuh.

“Alhamdulillah jalan ini sudah bisa dinikmati masyarakat. Jalan ini adalah akses terisolir sekaligus bypass untuk Barru dan Soppeng. Ini akan memudahkan sistem transportasi di Barru. Kalau lewat Pekkae 70 km, kalau disini 38 km. Selisihnya 30 km, bisa menghemat waktu,” ungkapnya.

“Dengan akses jalan yang baik, maka perekonomian akan meningkat dan akses wisata akan menggeliat. Apalagi kalau mau ke Lejja akan lebih dekat, dari Parepare ke sini lebih dekat. Karena ini akan menjadi wilayah yang strategis, makanya kita konsisten bagaimana kita tuntaskan. Tentu harapan kami, bagaimana untuk selalu bekerja untuk masyarakat,” sambungnya.

Diharapkan, dengan mempermudah akses itu akan meningkatkan hasil pertanian, menggeliatkan pariwisata dan perekonomian masyarakat.

“Kita membutuhkan sebuah kesungguhan bersama untuk saling mendukung baik dari provinsi dan kabupaten/kota. Sinergi yang sungguh antara semua pihak, pemerintah provinsi, Pemerintah kabupaten, dan masyarakat sangat dibutuhkan demi terciptanya pembangunan yang berkelanjutan. Karena itu harapan dari KPK untuk setiap perencanaan harus sepengetahuan daerah, untuk sinkronisasi dan saling mendukung,” jelasnya.

Adapun ruas jalan Takkalasi – Bainange – Lawo ini memiliki panjang ruas 38,7 km. Dimana ruas Barru sepanjang 19,9 km dan di Soppeng sepanjang 18,8 km. Pembangunan yang dilakukan Dinas PUTR Sulsel ini dilakukan secara bertahap. Dimulai tahun 2019, dengan pembukaan lahan sepanjang 6 km dengan anggaran Rp 1,7 miliar. Dilanjutkan di tahun 2020 dengan penanganan pengaspalan dan pelebaran konstruksi bahu beton sepanjang 2 km dan lebar 5,5 m dengan nilai Rp 11,5 miliar. Serta ditahun 2021 ini dilanjutkan pengerjaan berupa pengaspalan dan pelebaran konstruksi bahu beton sepanjang 5,7 km dan lebar 5,5 m dengan nilai Rp 24,9 miliar, dan pembangunan jembatan sepanjang 50 m dengan nilai Rp 6,5 miliar. Rencananya, Pemprov Sulsel kembali melanjutkan penanganan berupa pengaspalan di tahun 2022 dengan perkiraan nilai Rp 65 miliar untuk jalan sepanjang 10 km dan lebar 5,5 m.

Sementara itu, Bupati Barru, Suardi Saleh, tak henti-hentinya mengucapkan rasa syukur dan terima kasih atas perhatian Plt Gubernur Sulsel.

“Terima kasih luar biasa atas perhatian Bapak Gubernur kepada Desa Kamiri ini atau Kabupaten Barru pada umumnya. Alhamdulillah di awal masa jabatan sampai saat ini. Tinggal masyarakat sini memanfaatkan sebaik-baiknya apa yang telah ditetapkan oleh Bapak Gubernur di sini,” tuturnya

 

Pewarta : Ali Ghugunk

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *