Disinyalir pengadaan 54.000 bibit tanam buah BBI Pekalongan bermasalah, Kadis Pertanian Lamtim : Itu rumah tangga mereka sendiri

  • Whatsapp
Yunita, Kasi Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Lampung Timur.

MITRAPOL.com, Lampung Timur – Guna memperoleh informasi yang lebih akurat, terkait pengadaan 54.000 bibit tanaman buah yang berada di UPT BBI Pekalongan Lampung Timur, dan disinyalir bermasalah, Tim media menemui Dinas Pertanian dan Hortikultura Kabupaten Lampung Timur, Senin ( 23/08) siang.

Yunita selaku Kasi Hortikultura Dinas Pertanian Lampung Timur, mengatakan tidak mengetahui adanya penangkaran sejumlah bibit tanaman buah di BBI Pekalongan Lamtim.

“Saya (pihak dinas. red) memang tau bahwa itu tempat pembibitan untuk seluruh provinsi Lampung, dan jenia tanamannya sesuai dengan wilayah masing-masing. Tapi kalau pengadaan 54.000 bibit tanaman buah, saya tidak tau. Secara tertulis tidak ada pemberitahuan dari BBI Pekalongan. Mengenai pendanaanya dari kementerian pusat, dan masuknya ke provinsi,” kata Yunita.

Ia menambahkan, bahwa pengadaan bibit buah tersebut menggunakan pihak rekanan (kontraktor) sebagai penyedia.

“Pake rekanan itu, apalagi banyak. Intinya kantor BBI Pekalongan diwilayah Lampung Timur, tetapi dibawah naungan pihak Provinsi. Istilahnya mereka tidak harus wajib memberitahukan kesini. Terkecuali dananya APBD dan mereka harus laporan ke Dinas Lamtim,” tambah Yunita.

Sementara itu, Ir.David selaku Kadis Pertanian Kabupaten Lampung Timur, menegaskan atas kewenangan dari UPT BBI Pekalongan.

“Mereka tidak perlu lapor, memang BBI Pekalongan milik UPTD Provinsi. Misalnya samsat sini apa perlu lapor ke kita, enggak lah. Itu kegiatan provinsi, gitu aja. Adanya sejumlah bibit tanaman buah itu wilayah mereka, karena beda kewenangannya. Artinya tidak harus ada koordinasi, dan itu rumah tangga mereka sendiri,” tegas David.

Atas penjelasan keduanya, terkait keberadaan dua jenis tanaman buah yang disinyalir bermasalah. Kedepan tim media akan menemui pihak dinas pertanian dan hortikultura di Provinsi Lampung.

 

 

Pewarta : MM

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *