Meski Covid-19, Pembinaan dan Ketenagaan Disdikbud Nunukan Tetap Eksis

  • Whatsapp
Ridwan As.S.Sos Kabid Pembinaan dan ketenagaan Disdik dan kebudayaan Kab Nunukan Prov Kaltara

MITRAPOL.com, Nunukan Kaltara – Pemerintah daerah kabupaten Nunukan Dinas pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Nunukan khususnya bidang Pembinaan dan Ketenagaan, Selasa (24/08/2021)

menurut H. Junaidi, SH, kepala dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten Nunukan didampingi oleh Ridwan As.S.sos kepala Bidang Pembinaan dan ketenagaan bahwa Program kita laksanakan tahun 2021 ini secara kebetulan Program Bidang yang kami Emban yakni pembinaan ketenagaan mempunyai tugas menyusun program kerja menyiapkan bahan rumusan kebijakan kordinasi, fasilitasi, monitorinf evaluasi dan pelaporan.

Pelaksanaan kegiatan budang pembinaan ketenagaan meliputi pembinaan kependidikan, tenaga kependidikan anak usia dini, Sekolah Dasar, Sekolah Menegah Pertama dan Pendidikan Formal dan penyelenggara tenaga Pembantu.

Lanjud Ridwan As bahwa selain itu bidang pembinaan ketenagaan mempunyai tugas dan fungsi yakni menyusun program kerja bidang pelaksanaan Monitoring evaluasi pelaporan bidang Ketenagaan, selain itu juga fungsi bidang pembinaan ketenagaan adalah untuk menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis bidang pembinaan kependidikan dan tenaga kependidikan pendidikan anak usia dini, sekolah dasar Sekolah menegah Pertama dan pendidikan Formal serta administrasi pengembangan ketenagaan.

Menurut Ridwan bahwa Untuk saat ini masih dalam suasan Pandemi covid-19 pada level 3 ini, memang untuk kita di bidang pembinaan ketenagaan ini sistem kerja kita belum maksimal karena ada beberapa staf juga masih wfh.

Kemudian program kegiatan di tahun 2021 ini sebagaimana pernah saya sampaikan bahwa Program kita cukup banyak namun kita sangat terbatas dengan anggaran yang ada semua itu dampak dari Pandami.

Salah satu program kita sudah efektif berjalan dengan baik yakni pertama kegiatan untuk Diklat, pendidikan dan Diklat calon kepala sekolah yang lanjutan program kita tahun 2020 bagi yang sudah lulus seleksi administrasi itu sekarang dilanjut dengan Diklat pendidikan.

“Pelaksanaan diklatnnya di situ ada berapa orang pengawas yang sudah lulus di bulan Agustus ini 2021 sudah dilakukan pelaksanaan secara daring dari LP2KS Solo, terkait tentang pendidikan dan pelatihan calon kepala sekolah dan pengawas sekolah,” ujar Ridwan

Lanjud Ridwan, bahwa kegiatan untuk pembinaan guru dan tenaga kependidikan kita juga sudah melakukan beberapa kegiatan dan itu sudah berjalan dibeberapa wilayah sudah kita laksanakan.

Salah satunya adalah melakukan bimbingan Tehnik Penilaian Kinerja Guru (Bimtek PKG) yang didalamnya terdapat pembuatan SKP, kemudian ujian teknis bagaimana menghitung angka kredit masing-masing guru di unit masing-masing sekolah.

Karena di sekolah masing-masing ada yang namanya tim, jadi mereka ini menghitung bagi guru kepala sekolah yang bakal naik pangkat.

Kemudian untuk tahun 2021 ini bagi guru fungsional ini SKP ada perbedaan pada sistem baru bahkan kita di Tahun 2022 baru akan kita terapkan SKP baru, termasuk juga di struktural Skp-nya pelaporannya itu setiap 6 bulan atau 1 semester.

Lanjud Ridwan bahwa kegiatan lain kita juga melakukan monitoring mulai dari wilayah 3 wilayah 2 dan wilayah Nunukan sendiri kita mendapat Lapora terhadap disiplin guru dan kepala sekolah, memang beberapa Laporan masyarakat maupun laporan dari kepala sekolah dan kepala UPT di sini memang terdapat beberapa guru yang kurang disiplin dan itu kita sudah melakukan pemanggilan.

Menurut Ridwan As,“Guru yang lalai dalam menjalankan tugasnya kita sudah melakukan teguran bahkan kita memanggil langsung datang ke dinas Pendidikan.” ujar Ridwan As. S Sos Kabid pembinaan dan ketenagaan dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten nunukan provinsi Kalimantan Utara.

 

Pewarta : Yuspal

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *