Sekda Butur” Ekonomi Rakyat Akan Berkembang Bila Bumdes di Kelola Dengan Baik

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Butur – BUMDes atau Badan Usaha Milik Desa adalah salah satu bagian dari program strategis pemerintah. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat khususnya di pedesaan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Butur Muhammad Hardhy Muslim menyampaikan, BUMDES yang anggarannya dialokasikan dari Dana Desa dipergunakan secara maksimal untuk kesejahteraan masyarakat desa,” ucapnya, kamis 26 Agustus 2021.

Menurutnya BUMDes bisa menjadi pilar perekonomian desa, sekaligus berfungsi menjadi lembaga komersial dan lembaga sosial. Bila dikelola dengan baik dan secara profesional oleh oleh pengurusnya. Program ini dijalankan sejak Undang-Undang No. 6 Tahun 2014 tentang Desa mulai diberlakukan.

“Sebab BUMDes itu tidak hanya fokus pada standarisasi bisnis, melainkan juga mempertimbangkan potensi serta kemampuan secara ekonomi bagi masyarakat desa setempat,” jelasnya.

Ia menambahkan, pemerintah perlu memberikan perhatian khusus untuk kepentingan masyarakat. Salah satunya dengan menerbitkan Permendesa tentang program prioritas dalam hal penggunaan Dana Desa (DD). Yang diimplementasikan dengan mendirikan BUMDes.

Efektivitas pengelolaan anggaran keuangan BUMDes dapat memberi kontribusi signifikan terhadap pembangunan serta ekonomi masyarakat pedesaan,”ucapnya saat membuka kegiata Lokalatih Penyusunan Laporan Keuangan Bumdes atas kerjasama antara pemerintah daerah Kabupaten Butur melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dengan Yayasan IDRAP di Aula Kantor Bappeda.

Mantan Kepala Inspektur Inspektorat itu mengatakan, Selain sebagai lembaga sosial, “dari sisi komersial BUMDes menjelma menjadi lembaga yang membuka ruang yang luas bagi masyarakat desa untuk dapat meningkatkan penghasilan, sekaligus menyumbang pemberdayaan sumber daya manusia, dalam hal ini penyerapan tenaga kerja,” jelasnya.

“Dalam lingkup masyarakat desa pasti banyak pemuda potensial dapat dipekerjaan dengan didirikannya BUMDes

 

Pewarta : David wiridin

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *