Polda Sulut Gelar Seminar Membangun Budaya Beretika di Ruang Digital

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Sulut – Personel Polda Sulut dan jajaran bersama perwakilan dari berbagai kalangan mengikuti seminar membangun komitmen bersama dalam rangka mewujudkan budaya beretika di ruang digital, yang bersih, sehat, produktif dan berkeadilan.

Seminar ini digelar di aula Catur Prasetya Polda Sulut, Selasa (31/8/2021), diikuti baik secara langsung oleh perwakilan peserta maupun melalui zoom meeting.

Seminar ini menghadirkan para pemateri dari berbagai kalangan, antara lain dari Polda Sulut, Kejaksaan, Kominfo maupun ahli IT dan ahli tata bahasa.

Menurut Perwira Koordinator (Pakor) Polwan Polda Sulut AKBP Nonie Sengkey, seminar ini sangat baik bagi para Polwan yang bertugas di Polda Sulut dan jajaran, yang beberapa diantaranya mengikuti kegiatan tersebut melalui zoom meeting.

“Kegiatan ini sangat baik dan tentunya sangat menjadi kebutuhan, baik bagi para Polwan maupun para peserta lainnya, karena terkadang masih ada yang menunjukan perilaku yang kurang beretika di ruang digital,” ujar AKBP Nonie Sengkey, Polwan yang bertugas di Ditreskrimsus Polda Sulut ini.

Iapun berharap seminar ini bisa menjadi pencerahan bagi para Polwan sekaligus mengajak berbagai pihak pemangku kepentingan untuk membangun komitmen bersama menjadi pelopor dan pelaku budaya beretika di ruang digital yang sehat, bersih, produktif dan berkeadilan.

Dalam seminar itu juga diucapkan pernyataan komitmen bersama semua pihak untuk bertanggungjawab menjaga ruang digital tetap aman dan bersih dari konten-konten ujaran kebencian, berita hoaks. Pernyataan komitmen bersama dipimpin oleh Vivi G, pemerhati perempuan dan anak dari LSM SWara Parampuang

Kegiatan ini juga katanya sebagai ajang sosialisasi Surat Edaran Kapolri mengenai kesadaran budaya beretika di ruang digital, dan juga ajang sosialisasi SKB 3 Menteri mengenai implementasi pedoman terhadap pasal-pasal dalam UU ITE, untuk menghindari multitafsir.

Hadir dalam seminar, perwakilan dari berbagai lintas pemangku kepentingan, yaitu Penyidik Polri sejajaran Polda Sulut, Kejaksaan Tinggi Sulut dan jajaran, Peradi Sulut, Penyelenggara Jasa Internet, DPRD, Perguruan Tinggi, Mahasiswa, LSM, Media dan perwakilan Parpol.

 

Pewarta : Chandra

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *