Dana BOS Afirmasi, Disdik Lamtim diduga telah kondisikan sejumlah sekolah di Raman Utara

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Lampung Timur – Dana BOS Afirmasi adalah bantuan dana yang diberikan kepada satuan pendidikan dasar (SD) dan menengah yang diselenggarakan oleh pemerintah di daerah tertinggal, terdepan dan terluar guna meningkatkan mutu pembelajaran.

Sesuai data pelaporan secara online tahun 2020, ada beberapa sekolah dasar menerima bantuan BOS Apirmasi di Kecamatan Raman Utara.

Adapun bentuk bantuan dana BOS Apirmasi berupa alat penunjang belajar elektronik belajar bagi siswa ( iPad/ tablet MITO ).

Informasi yang dihimpun awak media, diduga bantuan Dana BOS Apirmasi berupa tablet MITO bagi siswa tidak sesuai spesifikasi dan telah dikondisikan oleh pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Timur. Sehingga tim media langsung menelusurinya ke sejumlah sekolah.

Namun, anehnya ketika awak media mempertanyakan prihal dana bantuan tersebut di SDN 1 Rejokaton Raman Utara, pihak sekolah justru tidak mengakuinya.

Nurpendi,S.Pd selaku dewan guru mengatakan, terkait bantuan BOS Apirmasi agar langsung menemui Kepala Sekolah.

“Kami tidak tahu pak, mengenai bantuan BOS Apirmasi itu. Tanyakan saja dengan ibu Kepala Sekolah,nanti kami salah jawab. Dia sedang ada rapat,” aku Nurpendi, saat memberikan jawaban kepada awak media, Senin ( 06/09).

Sementara itu, hal yang sama diberikan jawaban kepada awak media oleh pihak SDN 4 Rejokaton Raman Utara Lampung Timur. Sumiati sebagai dewan guru menjelaskan, tidak bisa afa kewenangan memberikan jawaban tentang bantuan BOS Apirmasi.

“Maaf pak, kalau itu saya enggak tau, jadi jangan tanya saya. Kepala sekolah baru menjabat, sebelumnya pak Ida sudah pensiun. Kayaknya yang tau bantuan itu wakil kepala sekolahnya. Tapi dia sedang keluar, pulang ada kepentingan. Kita sebagai guru enggak bisa ngomong,” jelas Sumiati.

Tidak adanya keterbukaan dan tidak transparannya informasi bagi awak media oleh pihak sekolah menambah catatan buruk sistem pendidikan di Kabupaten Lampung Timur. Seharusnya, apapun bentuk bantuan pemerintah hendaknya di publikasikan secara terbuka. Agar masyarakat bisa mengetahui bantuan tersebut demi kemajuan pendidikan siswa.

Kedepan, tim awak media akan menemui Kadis Pendidikan Lampung Timur, guna mempertanyakan terkait bantuan BOS Apirmasi disejumlah sekolah dasar. Sehingga tidak ada lagi informasi tertutup dan tidak transparan dari pihak sekolah bagi awak media.

 

 

Pewarta : MM

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *