Sungai Cidurian dan Ciberang meluap, sejumlah rumah warga terendam banjir

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Lebak Banten – Hujan deras yang mengguyur sejumlah wilayah di Kabupaten Lebak menyebabkan banjir di Kecamatan Cipanas dan Curug Bitung, Senin (06/09/2021)

Informasi yang dihimpun menyebutkan bahwa penyebab banjir tersebut karena meluapnya Sungai Ciberang dan Sungai Cidurian.

Banjir melanda wilayah yang dilintasi Sungai Cidurian yaitu di Kampung Kaum, Desa Curugbitung, Kecamatan Curugbitung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Akibat kondisi tersebut, sejumlah rumah di bantaran sungai di kampung tersebut terendam banjir.

Banjir juga terjadi di Kampung Sampalen II, Desa Bintangsari, Kecamatan Cipanas serta Kecamatan Lebak Gedong akibat luapan Sungai Ciberang.

Hujan deras sejak pukul 15.30 hingga 19.00 WIB mengakibatkan meluapnya aliran sungai Ciberang.

Akibatnya kejadian air dari kali Sampalen tidak bisa masuk ke muara Sungai Ciberang dan berbalik merendam pemukiman penduduk.

Kepala Desa Bintangsari, Cipanas, Lebak, Ade Samsudin dalam laporan tertulisnya mengatakan bahwa di wilayahnya terjadi banjir tepatnya di Kampung Sampaleun II RT/RW 005/004 yang mengakibatkan data sementara 11 rumah penduduk terdampak luapan Sungai Ciberang sekitar pukul 18.30 WIB.

“Dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa untuk itu kami mohon kepada Pihak Pemerintah dalam hal ini pihak yang terkait agar segera ada penanganan, dan untuk bahan pertimbangan kami lampirkan foto visual,” katanya.

Dikonfirmasi Kepala Pelaksana BPBD Lebak Febby Rizky Pratama melalui Rohendi membenarkan kejadian tersebut.

“Iya kang benar, namun hingga saat ini dilaporkan banjir tersebut sudah mulai surut kembali. Alhamdulillah masih kondusif,” ujarnya Senin (06/09/2021) malam.

Hendi menambahkan,“Untuk wilayah lain kata dia, aliran sungai Cidurian seperti Maja pihaknya belum menerima laporan,” katanya.

Untuk sementara di wilayah Maja, aliran sungai masih aman dan kondusif, kami lasung turun untuk memastikan setuasi kondisi sungai Cidurian dan alhamdulilah kondisinya aman, ungkapnya

 

 

Pewarta : Mad/Jul

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *