Dirjen PDASRH KLHK Kunjungi Kawasan Perhutanan Sosial Juru Seberang dan Bukit Peramun

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Belitung – Direktur Jenderal (Dirjen) Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Rehabilitasi Hutan (PDASRH) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Ir. Helmi Basalamah, MM melakukan kunjungan ke Kawasan Perhutanan Sosial (PS), HKM Juru Seberang dan HKM Bukit Peramun di Belitung, Provinsi Bangka Belitung, Selasa (14/9/2021).

Ir. Helmi Basalamah, MM yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Penyuluhan dan Sumber Daya Manusia (BPSDM) KLHK ini meminta agar struktur kelembagaan kelompok masyarakat tani hutan atau perhutanan sosial di tingkat tapak harus diperkuat. Pentingnya kelembagaan yang kuat demi terwujudnya misi pemerintah mempercepat kesejahteraan masyarakat, serta keberhasilan program pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan di tingkat tapak secara berkesinambungan.

Hal ini juga sejalan dengan adanya program pemerintah dalam upaya menggerakkan ekonomi masyarakat melalui Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang melibatkan langsung masyarakat sebagai pelaksana program. Keberadaan kelompok tani hutan (KTH) yang kuat dibawah kepemimpinan kelompok yang visioner sangatlah menentukan keberhasilan dalam mewujudkan misi pemerintah tersebut. Salah satunya misalnya dalam Program PEN Padat Karya Mangrove yang sistem pembiayaannya account to account, dimana menuntut kelembagaan yang solid, agar dana yang disalurkan dapat lebih maksimal dalam memacu geliat ekonomi masyarakat di kawasan pesisir.

“Semua anggota kelompok harus dapat mengambil manfaat dari program ini, mulai dari pembibitan, pelaksanaan hingga pasca penanaman, karena pemerintah telah merancang merehabilitasi kawasan mangrove kritis seluas 600 ribu hektar hingga 2024 mendatang” kata Ir. Helmi Basalamah, MM

Dalam kunjungan ke Belitung, Dirjen PDASRH KLHK ini juga didampingi oleh Direktur Konservasi Tanah dan Air, M. Zaenal Arifin, Ketua Pokja PEN Mangrove BRGM wilayah Sumatera, Onesimus Patiung dan Kepala Balai PDASRH Baturusa Cerucuk Babel, Ir. Tekstiyanto.

Ir. Helmi Basalamah, MM dalam dialognya dengan sejumlah pengurus kawasan perhutanan social, HKM Juru Seberang dan HKM Bukit Peramun juga menyampaikan agar pengurus kelompok menyiapkan kader-kader sebagai regenerasi dalam upaya untuk melakukan pengelolaan dan pengembangan yang terus dan berkesinambungan. Dalam dialog ini, Ir. Helmi Basalamah, MM juga sempat menawarkan kepada pengurus HKM Bukit Peramun dengan menawarkan kesempatan bagi putra putrinya mengikuti Pendidikan Sekolah Menengah Kehutanan di Kabupaten dengan biaya KLHK.

 

Pewarta : Teblyandi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *