Secara Virtual, Pemkot Metro Ikuti Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2021

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Metro Lampung – Wakil Walikota Metro Qomaru Zaman menyimak puncak Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2021 melalui video conference di ruang Command Center Metro, Selasa (14/09).

Adapun agenda puncak Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2021 adalah penyampaian Keynote Speech oleh Menteri Keuangan, Pemberian Penghargaan WTP kepada Kementerian Negara/Lembaga dan Pemerintah Daerah yang berhasil meraih Opini WTP 10 kali berturut-turut, 5 kali berturut-turut, dan Opini WTP atas Laporan Keuangan Pemerintah Tahun 2019, serta pemberian BMN Awards.

Pemerintah Kota Metro sendiri dalam hal ini berhasil mempertahankan opini WTP 10 kali berturut-turut melalui video conference Pemerintah Kota Metro mendapatkan penghargaan dari Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat Rakernas Akuntansi dan Pelaporan keuangan pemerintah tahun 2021.

Sambutan pertama oleh Dirjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan RI, Hadiyanto, menyampaikan laporan Rakernas tahun 2021. Acara ini terlaksana atas dasar koordinasi dan sinergitas dari berbagai pihak terutama keterlibatan Direktorat Jenderal Negara Kemenkeu dalam penganugerahan BMN Award sebagai bentuk apresiasi atas pengelolaan BUMN yang terbaik.

Selanjutnya Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati, memberikan apresiasinya kepada Kementerian dan Lembaga Pemerintah yang berhasil mengelola Barang Milik Negara (BMN) dengan baik lewat BMN Awards dengan berbagai kategori.

Pihaknya juga menyampaikan mengenai langkah-langkah pengelolaan ekonomi masa pandemi Covid-19 dengan cara meningkatkan dan memperkuat peran aparat pengawas intern pemerintah didalam mengawal program penanganan pandemi Covid-19 dimasing-masing kementerian, lembaga dan daerah, baik di pusat maupun di daerah guna penanganan kesehatan dan untuk pemulihan ekonomi, melakukan inventarisasi dan akselerasi penyelesaian berbagai peraturan yang menjadi payung hukum, serta perlu menyusun petunjuk teknis yang komprehensif dengan kondisi yang ada di lapangan.

Menkeu Sri Mulyani juga berharap kepada seluruh Kementerian Negara dan Lembaga serta Pemerintahan Daerah dapat terus memperbaiki sistem informasi data yang akan menjadi basis didalam melaksanakan program-program untuk penanganan bidang kesehatan dan pemulihan ekonomi. Dikarenakan Pemerintah akan terus membangun komunikasi dengan para pemangku kepentingan termasuk dengan BPK, didalam merumuskan strategi antisipasi terhadap berbagai tantangan didalam penyusunan laporan keuangan dan dalam proses pemeriksaan Laporan Keuangan Tahun 2021.

“Di tengah perjuangan kita semua menghadapi pandemi, Pemerintah telah bekerja keras mengoptimalkan peran APBN dalam penanganan kesehatan masyarakat baik untuk program vaksin maupun perawatan pasien, program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), serta program-program prioritas di tengah Pandemi Covid-19. Masih tingginya kasus Covid-19 di tahun 2021 melatarbelakangi peningkatan anggaran program Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) 2021 menjadi Rp.744,75 triliun,” ungkap Menteri Keuangan

Lanjutnya, transparansi dan komitmen Pemerintah baik Pusat maupun Daerah untuk senantiasa mengelola anggaran pendapatan dan belanjanya dengan akuntabel dan kredibel penting untuk dipahami oleh seluruh pemangku kepentingan. Salah satunya melalui Pelaporan Keuangan yang mendapatkan capaian opini terbaik dari Badan Pemeriksa Keuangan.

Di akhir sambutannya, Menteri Keuangan mengatakan melalui rangkaian kegiatan Rakernas ini diharapkan dapat dicapai sebuah komitmen yang kuat dari seluruh pemangku kepentingan, sehingga dapat menjadi modal yang sangat berharga bagi sinergi pengelolaan keuangan negara dalam penanganan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional yang dilaksanakan secara transparan dan akuntabel. Dengan demikian, kualitas laporan keuangan seluruh entitas. Pemerintah dapat tetap terjaga, terus memperoleh opini WTP, dan berdampak nyata dalam mewujudkan masyarakat yang sejahtera, maju, adil dan makmur, sebagaimana yang menjadi cita-cita bangsa Indonesia.

 

 

Pewarta : MM

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *